Kecelakaan Beruntun di Kulon Progo, Begini Penampakan Ringsek Kendaraannya

Kecelakaan Beruntun di Kulon Progo, Begini Penampakan Ringsek Kendaraannya

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Jumat, 30 Sep 2022 12:53 WIB
Kecelakaan beruntun di Jalan Jogja-Wates, Sentolo, Kulon Progo, Jumat (30/9/2022).
Kecelakaan beruntun di Jalan Jogja-Wates, Sentolo, Kulon Progo, Jumat (30/9/2022). (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng)
Kulon Progo -

Kecelakaan beruntun melibatkan lima kendaraan terjadi di ruas jalan nasional Jogja-Wates, Km 16, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa (DIY), pagi ini. Sejumlah kendaraan rusak dan korban syok.

Dari pantauan di lokasi siang ini, masih ada dua mobil dalam kondisi ringsek yang terparkir di pinggir jalan, tepatnya depan Pasar Seni Sentolo, Kulon Progo. Kerusakan terlihat pada bagian bumper depan dan belakang mobil.

Dua mobil dan satu motor yang terlibat kecelakaan telah diamankan ke Mapolsek Sentolo, berjarak sekitar 300 meter dari lokasi kejadian. Kondisinya pun hampir sama, terdapat kerusakan di bagian depan dan belakang.


Adapun para korban selamat kini sudah berada di Mapolsek Sentolo. Mereka dalam kondisi syok. Salah satunya adalah Anang Setyo Budi Nugroho.

"Masih syok ini," ujar Anang saat ditemui wartawan, Jumat (30/9/2022).

Anang menuturkan kecelakaan ini berlangsung cepat. Saat kejadian jalan nasional tersebut sedang dalam kondisi ramai lancar. Mendadak, tiga mobil di depannya berhenti. Ia yang melaju dengan kecepatan sedang pun tak bisa mengendalikan laju kendaraan hingga akhirnya terjadi tabrakan.

Kecelakaan beruntun di Jalan Jogja-Wates, Sentolo, Kulon Progo, Jumat (30/9/2022).Kecelakaan beruntun di Jalan Jogja-Wates, Sentolo, Kulon Progo, Jumat (30/9/2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng

"Tiba-tiba bres (tabrakan) tiga mobil, saya nomor empat dan nggak tahu saya wong posisi itu. Saya sudah ngerem. Malah saya ngeremnya sampai berdiri kok," ucap Anang.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun demikian ada satu korban yaitu pemotor, dalam kondisi luka sehingga harus dirujuk ke Rumah Sakit Nyi Ageng Serang Sentolo.

Polisi menyebut kecelakaan dipicu oleh pemotor yang memotong jalan secara tiba-tiba. Sedangkan di belakangnya sedang melaju tiga mobil dalam kecepatan sedang.

Kecelakaan beruntun di Jalan Jogja-Wates, Sentolo, Kulon Progo, Jumat (30/9/2022).Kecelakaan beruntun di Jalan Jogja-Wates, Sentolo, Kulon Progo, Jumat (30/9/2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng

"Berawal dari sepeda motor yang dikendarai oleh seorang perempuan berjalan dari arah timur di lajur kiri kemudian beralih ke lajur kanan. Karena jarak dengan mobil yang berada di belakangnya terlalu dekat sehingga tertabrak," ujar Kanit Lantas Polsek Sentolo, Iptu Toha, saat ditemui di lokasi kejadian, Jumat (30/9).

Toha mengatakan tabrakan antara pemotor dan pengemudi mobil itu memicu kecelakaan beruntun. Pasalnya saat kejadian berlangsung, jalan nasional dalam kondisi ramai.

"Kemudian di belakangnya masih ada tiga kendaraan, yang sebetulnya kendaraan yang nomor dua itu sudah bisa berhenti, dan ketiga juga sudah berhenti, namun dari belakang ada kendaraan Avanza yang kecepatannya tinggi jadi tidak bisa mengendalikan hingga menabrak Kijang warna silver ini, kemudian Kijang silver menabrak Avanza warna abu-abu di depannya, kemudian yang Avanza abu-abu menabrak Starlet," ucapnya.

Berkaca peristiwa ini Toha mengimbau kepada pengendara yang lewat Jalan Jogja-Wates terutama wilayah Sentolo agar selalu berhati-hati mengingat jalur ini ramai kendaraan. Apabila pindah jalur, diupayakan jarak dengan pengendara lain terpenuhi.



Simak Video "Menelusuri Gang Gendruwo di Kulon Progo yang Diselimuti Cerita Horor"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/rih)