Menyusuri Jejak Rumah Masa Kecil Kolonel Sugiyono di Gunungkidul

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Kamis, 29 Sep 2022 16:02 WIB
Lokasi yang dulunya berdiri rumah tabon Kolonel Inf. (Anumerta) Sugiyono di Pedukuhan Gedaren I, Kalurahan Sumbergiri, Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Kamis (29/9/2022).
Lokasi yang dulunya berdiri rumah tabon Kolonel Inf. (Anumerta) Sugiyono di Pedukuhan Gedaren I, Kalurahan Sumbergiri, Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Kamis (29/9/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng
Gunungkidul -

Salah satu pahlawan revolusi Kolonel Sugiyono disebut lahir di Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Namun, saat ini rumah masa kecil Kolonel Sugiyono sudah menjadi tanah lapang.

Pantauan detikJateng, tampak gapura di Pedukuhan Gedaren I, Kalurahan Sumbergiri, Ponjong, Gunungkidul, berdiri di lokasi bekas rumah tabon atau rumah induk keluarga Sugiyono. Tampak tanah lapang itu ditumbuhi beberapa tanaman, bangunan berbentuk gazebo, dan sumur.

Salah satu kerabat Kolonel Sugiyono, Ani Murdiani (50), mengatakan di tanah tersebut dulunya terdapat bangunan rumah orang tua Sugiyono.


"Sudah lama sekali (bangunan rumah tidak ada), sudah puluhan tahun. Dia (Kolonel Sugiyono) itu om saya," kata Ani saat ditemui wartawan di Ponjong, Gunungkidul, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, Sugiyono lahir di Gedaren I, Sumbergiri, Ponjong, Gunungkidul pada 12 Agustus 1926. Sugiyono merupakan anak dari pasangan Kasan Sumitrorejo dan R Ngt Sutiyah Semito Rejo dari Semanu, Gunungkidul.

"Dia (Sugiyono) anak ke-9 dari 11 bersaudara," ujarnya.

Ani menyebut Sugiyono meninggal di Kentungan 1 Oktober 1965 pada umur 39 tahun. Hal itu setelah Sugiyono menjadi salah seorang korban dalam peristiwa G30S/PKI.

Sementara itu, Pj Dukuh Gedaren I, Guritno, membenarkan Kolonel Sugiyono kelahiran Ponjong, Gunungkidul.

"Waktu masih muda mendaftarkan tentara dan setelah menjadi tentara itu merantau terus sesuai ketugasannya sampai menjadi kolonel," ucap Guritno.

Pj Dukuh Gedaren I, Guritno, menunjukkan foto orang tua Kolonel Inf. (Anumerta) Sugiyono, Kamis (29/9/2022).Pj Dukuh Gedaren I, Guritno, menunjukkan foto orang tua Kolonel Inf. (Anumerta) Sugiyono, Kamis (29/9/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng

Keluarga Mengenang Kolonel Sugiyono

Dihubungi terpisah, kerabat Sugiyono bernama Sugeng Pratopo, menceritakan Sugiyono lahir dan besar di Gedaren. Setelah berkarier di militer, Sugiyono disebutnya sering pulang ke rumah orang tuanya itu.

"Jadi kalau saya memanggilnya om, karena ayah saya lebih tua. Setelah jadi tentara itu seingat saya kalau pulang mengajak piknik, kadang pakai jenis jip atau truk pengangkut pasukan itu saat pulang," kenang Topo, sapaannya.

Topo menceritakan, saat mendengar kabar Kolonel Sugiyono meninggal, ibunda Sugiyono syok. Ibunda Sugiyono menjadi sakit-sakitan hingga akhirnya meninggal dunia.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...