Jadi Dosen UGM Hari Ini, Prilly Ngajar soal Public Figure-Personal Branding

Jadi Dosen UGM Hari Ini, Prilly Ngajar soal Public Figure-Personal Branding

Jauh Hari Wawan S - detikJateng
Kamis, 29 Sep 2022 15:49 WIB
Prilly Latuconsina jadi dosen tamu di Fisipol UGM, Kamis (29/9/2022).
Prilly Latuconsina jadi dosen tamu di Fisipol UGM, Kamis (29/9/2022). (Foto: dok Humas UGM)
Sleman -

Fisipol UGM kedatangan dosen tamu di Departemen Ilmu Komunikasi, hari ini. Dia adalah aktris Prilly Latuconsina yang mengajar mata kuliah Kajian Selebritas. Apa saja yang diajarkan oleh dara kelahiran 1996 itu?

Prilly memberikan teori-teori beserta pengalaman yang pernah dialami selama berkecimpung di industri hiburan.

"Yang pasti juga dibarengi dengan case study atau contoh-contoh kasus yang dibarengi dengan teorinya supaya bisa mengerti dari teori terus contoh kasus yang terjadi di behind the screen itu apa aja," kata Prilly ditemui usai mengajar, Kamis (29/9/2022).


Dari penjelasan itu kemudian muncul pertanyaan dari mahasiswa yang dia ajarkan. "Nah pertanyaan-pertanyaan yang mahasiswa tanya juga tentang proses di behind the screen tersebut yang memang saya alami," imbuhnya.

Prilly mencontohkan soal pendapat public figure terhadap satu hal. Awalnya public figure itu mendukung namun diam ketika terjerat kasus. Jadi, dalam materi itu dia benar mengkaji bagaimana seorang public figure atau tokoh yang mempunyai status sebagai selebritas itu bertindak di depan publik.

"Jadi mereka menanyakan saoal bagaimana pendapat saya saat ada satu public figure yang mendukung satu kasus tapi ketika ada kasus tersebut dia diam saja, kenapa dia diam saja, jadi saya dari perspektif public figure saya mencoba menggali kenapa tindakan public figure ini diam," urainya.

Selain itu, mahasiswa juga banyak bertanya soal personal branding untuk menjadi seorang tokoh atau public figure.

"Karena kajian selebritas juga berdampingan dengan personal branding karena selebritas itu kita membahas bagaimana proses satu tokoh itu menjadi tokoh yang mempunyai selebritas dan itu tidak lepas dari personal branding jadi mereka banyak menanyakan soal personal branding," ucapnya.

Diselingi canda

Prilly melanjutkan, saat mengajar dia tak melulu terlalu serius. Beberapa kali diselingi dengan canda. Agar mahasiswa yang ikut di kelasnya tidak terlalu tegang dan mengantuk saat ikut kuliah selama dua jam.

"Yang pasti tadi saya memaparkan materinya ya menjadi diri saya sendiri saja ya, pastinya ada bercandanya supaya mahasiswanya nggak ngantuk karena tadi kan kelasnya dua jam jadi jangan sampai mereka bosan sama materinya," ujarnya.

Diakui Prilly, suasana kelas tadi begitu cair dan penuh dengan tawa. Bahkan ada mahasiswa yang memberinya pantun.

"Tetapi pembawaannya tetap santai supaya mereka bisa menangkap materinya dan lebih bisa paham lewat contoh-contoh yang saya alami jadi seru banget kelasnya. Penuh dengan tawa. Tadi saya juga dikasih pantun sama mahasiswa," pungkasnya.



Simak Video "Kafe Tak Berizin di Babarsari Disegel, Sempat Terjadi Perlawanan"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/apl)