Kala Bak Truk jadi Media Seni Mural Seniman di Kulon Progo

Kala Bak Truk jadi Media Seni Mural Seniman di Kulon Progo

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Minggu, 25 Sep 2022 11:10 WIB
Truk yang dihias karya mural di Taman Budaya Kulon Progo, Pengasih, Kulon Progo, DIY, Sabtu (24/9/2022).
Truk yang dihias karya mural di Taman Budaya Kulon Progo, Pengasih, Kulon Progo, DIY, Sabtu (24/9/2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara / detikJateng
Kulon Progo -

Mural tak melulu di tembok atau dinding bangunan. Di Kabupaten Kulon Progo, DIY, ada perupa yang memilih bak truk sebagai media muralnya.

Pada sejumlah truk yang diparkir rapi di Kompleks Taman Budaya Kulon Progo (TBK), Kapanewon Pengasih, Kulon Progo, Teguh Paino tampak sibuk memainkan kuasnya. Tangannya tampak gesit memoles bak truk yang semula polos menjadi penuh warna.

Dalam membuat karya mural di bak truk itu, untuk memeriahkan Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY), dia dibantu seniman lain asli Kulon Progo.


"Konsep kita mengambil tema besarnya FKY, yaitu mengelola air dan tanah. Ada saya gambarkan tentang keseimbangan alam, ada gambaran gunung berapi, gambaran Dewi Sri atau Dewi Kemakmuran dan kesuburan. Ini sangat relevan dengan tema air dan tanah,," ucap Teguh menerangkan karya buatannya saat ditemui di TBK, Sabtu (24/9/2022).

Dalam karyanya, Teguh juga menyematkan sosok Gupala, arca raksasa penjaga pintu yang dimaknai sebagai simbol perlindungan. Terdapat pula tokoh-tokoh Punakawan sebagai simbol masyarakat penjaga serta pengelola air dan tanah.

"Harapan saya gambar ini membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga air dan tanah buat kehidupan hari ini atau yang akan datang," ucap Teguh.

Proses pembuatan karya mural bak truk ini dikerjakan selama sehari penuh. Total ada 5 truk yang dihias mural. Truk itu kemudian akan diarak dengan menampilkan aneka kesenian tradisional di atasnya.

"Mural ini sebenarnya dhawuh (permintaan) dari provinsi bahwa akan ada pentas seni tradisi di atas truk, tetapi truknya itu dilukis oleh para perupa masing-masing kabupaten kota. Kebetulan kita punya Pak Teguh Paino dan kawan-kawan yang tadi menjemput rombongan yang lain dari Jembatan Bantar," ucap Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Niken Probo Laras.

Niken berharap lewat kehadiran truk berhias karya mural ini bisa menyemarakkan semangat FKY 2022.

"Pesan yang disampaikan setelah pandemi 2 tahun FKY tertutup dan hanya live streaming, sekarang bisa menghibur masyarakat, dan masyarakat bisa hadir bersama kami menghayati FKY sekaligus menyaksikan sajian-sajian yang ada di dalamnya," ujarnya.



Simak Video "Bobol Konter Seluler di Kulon Progo, Pelaku Diburu Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ahr)