Lanud Adisucipto Siapkan Pesawat Microlight untuk Aerowisata Jogja

Lanud Adisucipto Siapkan Pesawat Microlight untuk Aerowisata Jogja

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Sabtu, 24 Sep 2022 18:28 WIB
Komandan Lanud (Danlanud) Adisucipto Marsma TNI Azhar Aditama saat memberikan keterangan, Sabtu (24/9/2022).
Komandan Lanud (Danlanud) Adisucipto Marsma TNI Azhar Aditama saat memberikan keterangan, Sabtu (24/9/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng
Bantul -

Lanud Adisucipto akan meluncurkan wahana pariwisata dari udara atau aerowisata. Dengan aerowisata yang rencananya akan diluncurkan bulan depan itu, wisatawan akan diajak berkeliling Jogja menggunakan pesawat microlight.

"Kebetulan atas restu dari Kodiklat AU kami menggelar JAS, dan juga kami memperkenalkan embrio dari aerowisata yang mana akan menjadi salah satu ikon dari wisata di Jogja," kata Komandan Lanud (Danlanud) Adisucipto Marsma TNI Azhar Aditama kepada wartawan di landasan pacu Pantai Depok, Bantul, Sabtu (25/9/2022).

Azhar mengatakan, aerowisata itu menawarkan pengalaman kepada masyarakat khususnya wisatawan untuk menikmati keindahan Jogja dari ketinggian. Menurutnya, aerowisata tersebut baru akan diluncurkan pada bulan depan.


"Diharapkan masyarakat bisa turut menikmati keindahan daerah Jogja dari pesawat. Inshaallah di bulan depan kita launching secara resmi dan akan menjadi sebuah ikon yang baru sebagai wahana pariwisata dari udara," terang Azhar.

"Untuk aerowisata nanti menggunakan pesawat micro light. Karena kami memiliki 22 unit pesawat micro light, ukuran ya kecil dan inshaallah aman sekali," imbuh dia.

Pesawat micro light itu hanya mampu membawa 1-2 penumpang saja. "Satu pesawat untuk satu pilot dan satu penumpang. Tapi ada juga yang satu pesawat tiga orang," kata Azhar.

Azhar menambahkan, beberapa negara lain sudah banyak yang menyediakan jasa aerowisata. Mengenai keselamatan wisatawan yang menjajal aerowisata, pihaknya akan memberikan jaminan asuransi.

"Di luar negeri banyak sekali. Kami ingin menginisiasi dengan keistimewaan Jogja ini, inshaallah kita mulai aerowisata di Jogja," ucapnya.

"Mungkin belum secara resmi diluncurkan pemerintah, tapi inshaallah ini merupakan hal yang baru. Fasilitas sudah, seperti nanti ada sistem keasuransian dan nanti semuanya sudah diset, tinggal menunggu peraturan pemerintah daerah," pungkas Azhar.



Simak Video "Prabowo Teteskan Air Mata Terharu Disambut Jet Tempur Lanud Iswahyudi"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)