Sederet Fakta Wisuda 'Ambyar' ISI Jogja dan Cerita Viki Maintrova

Terpopuler Sepekan

Sederet Fakta Wisuda 'Ambyar' ISI Jogja dan Cerita Viki Maintrova

Tim detikJateng - detikJateng
Minggu, 25 Sep 2022 06:00 WIB
Tangkapan layar video viral Twitter tentang wisuda ISI Jogja.
Foto: Tangkapan layar video viral Twitter tentang wisuda ISI Jogja.
Jogja -

Sebuah video di Twitter memperlihatkan seorang mahasiswa feminin beraksi di atas panggung wisuda Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja, Sabtu (17/9) pekan lalu. Aksi luwes nan gemulai si mahasiswa berambut panjang itu pun memancing gelak tawa.

"Sebenarnya setiap angkatan ada, terutama Fakultas Seni Pertunjukan. Wisuda sebelum-sebelumnya ada yang pakai sepatu hak tinggi juga," kata Humas ISI Jogja Heri Abi kepada detikJateng, Senin (19/9/2022).

"Di ISI pasti ada saja momen lucu saat wisuda. Nah yang kemarin itu Viki dari Prodi Teater," imbuh Heri.


Heri mengatakan, sebelum wisuda, kampus mengimbau peserta bahwa suasana harus formal. Namun saat pertengahan acara wisuda kerap ada momen lain dan Heri menilai itu wajar di ISI Jogja.

Senada diutarakan Viki Maintrova (24), mahasiswa dari Prodi Teater Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISI Jogja yang bikin heboh dunia maya, Sabtu pekan lalu. Viki mengaku hanya spontan saja karena ingin menyemarakkan wisuda.

"Tiap tahun di acara wisuda kampus ISI itu pasti ada yang viral," kata Viki saat dihubungi detikJateng, Selasa (20/9).

Cerita Viki selama di ISI Jogja

Viki Maintrova mengatakan ISI Jogja tidak pernah membatasi penampilan mahasiswanya selama kuliah.

"Aku merasa kalau pihak kampus itu memberi previlege lebih ke aku. Seperti kalau di Fakultas Seni Pertunjukan, laki-laki sebenarnya dilarang memakai full make up kalau kuliah," kata Viki saat dihubungi detikJateng, Selasa (20/9/2022).

"Tapi aku selalu pakai make up dan pakaian feminin dan tidak ada teguran dari kampus. Itulah yang aku suka dari kampus ISI," lanjut Viki.

Menurut Viki, kemungkinan hal itu karena pejabat-pejabat kampus sering melihatnya sebagai pembawa acara (MC) di beberapa kegiatan kampus. Tiap menjadi MC, Viki kondang berpenampilan feminin.

Viki juga mengapresiasi pihak kampus yang menoleransi pilihan hidup mahasiswanya. "Ketika mahasiswanya memilih sesuatu dalam hidupnya, selama bertanggung jawab dalam artian tidak menggiring teman-teman ke arah negatif, mereka mendukung saja," ucapnya.

"Jadi kayak kehidupan di kampus, sportif banget teman-temannya. Banyak senior yang mendukung teman-teman feminin yang aku sebut teman-teman unik, ketika kamu punya something (sesuatu) yang ditawarkan," katanya.

Namun, dukungan tersebut harus dibarengi dengan pencapaian atau prestasi tertentu. Dengan demikian, masyarakat tidak serta-merta menghakimi mahasiwa unik dari ISI Yogyakarta.

"Jadi mereka itu tidak mendukung untuk teman-teman unik yang hanya menjual femininnya saja. Karena satu hal positif yang aku ambil dari senior ke junior ya, mereka tidak mau kalau juniornya itu di luar kampus jadi bahan bully-an," ujarnya.



Simak Video "Viki Maintrova, Sosok Wisudawan Viral Bergaya ala Model di Wisuda ISI Yogya"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)