Klarifikasi YouTuber Viral Bikin Video Minta Wanita Tutup Aurat di Malioboro

Klarifikasi YouTuber Viral Bikin Video Minta Wanita Tutup Aurat di Malioboro

Tim Wolipop - detikJateng
Selasa, 30 Agu 2022 14:51 WIB
Tangkapan layar konten YouTube Zavilda TV, potongan video ini menjadi viral di medsos. (Tangkapan layar YouTube Zavilda TV)
Foto: Tangkapan layar konten YouTube Zavilda TV, potongan video ini menjadi viral di medsos. (Tangkapan layar YouTube Zavilda TV)
Solo -

Video konten eksperimen tutup aurat cewek seksi di Jalan Malioboro, Kota Jogja, yang dibuat akun YouTube Zavilda TV viral di media sosial dan menuai polemik. Zavilda atau Vilda R (21), YouTuber atau konten kreator video eksperimen tersebut, angkat bicara soal videonya yang viral itu.

Dilansir Wolipop, saat dimintai konfirmasi, Vilda mengaku terkejut unggahannya itu menjadi viral di media sosial.

"Reaksinya pasti kaget, kagetnya bukan kaget bahagia, shock aja karena bukan ini yang saya inginkan. Mungkin kalau kebanyakan kreator mereka sengaja mencari masalah untuk viral tapi kejadian yang saya alami benar-benar bukan kemauan saya," ungkap Vilda kepada Wolipop lewat WhatsApp, Senin (29/8/2022).


Vilda menceritakan unggahannya yang viral dan menuai banyak kritik tersebut. Menurutnya, videonya dipotong dan dinarasikan tidak sesuai dengan kejadian sebenarnya.

"Video yang disebarluaskan adalah potongan-potongan video yang bagian kata sensitifnya saja bukan full video dari content dengan caption yang bukan menyatakan kejadian sebenarnya," jelas Vilda.

Vilda menegaskan bahwa ia sudah meminta izin kepada wanita yang ada di video tersebut. Dia juga mengaku tidak memaksa wanita dalam video untuk muncul dalam konten YouTube miliknya.

"Tapi saya tahu itu bahan mereka untuk meramaikan komentar netizen, nggak papa. Tapi fakta kebenarannya video dibuat atas izin, posting atas izin, dan memang nggak ada pemaksaan sama sekali. Justru kita tidak pernah memaksa kepada target video yang memang tidak mau, justru kebanyakan dari mereka yang mengajukan masalahnya untuk di speak up di publik melalui content saya nanti saya kasih sedikit bukti," pungkas Vilda.

Pemkot Jogja Angkat Bicara soal Konten Zavilda

Pemkot Jogja juga angkat bicara soal video eksperimen tutup aurat wanita di Malioboro tersebut. Penjabat Wali Kota Jogja Sumadi mengatakan Pemkot Jogja telah mengecek lapangan terkait video viral tersebut. Hasilnya, kejadian yang viral di itu ternyata hanya untuk konten di medsos.

"Niku-niku (itu) wong nggo (untuk) nganu konten kok," kata Sumadi saat dihubungi wartawan, ditanya soal konten eksperimen tutup aurat cewek seksi yang dibuat akun YouTube Zavilda TV, Senin (29/8).

Meski demikian, menurut Sumadi, soal berpakaian adalah hak masing-masing individu. Pihaknya berharap masyarakat bijak dalam berpakaian sesuai tempat dan waktu.

"Yang jelas orang mau pakaian di atas dengkul atau di bawah dengkul, itu hak pribadinya. Kalau itu menunjukkan moralitasnya. Kalau ada orang yang telanjang di Malioboro akan kita amankan yang jelas mereka ODGJ," ujarnya.

Video Viral

Sosok YouTuber dan konten kreator Zavilda sedang menjadi perbincangan di media sosial. Pasalnya, ia membuat konten meminta seorang wanita untuk memakai hijab saat berada di tempat umum. Konten itu ia bagikan lewat akun YouTubenya Zavilda TV.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...