Ratusan Pembalap Ramaikan Road Race Piala Sultan HB X di Bantul

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Minggu, 14 Agu 2022 17:14 WIB
Para pembalap meramaikan road race Piala Sultan HB X di Bantul, Minggu (14/8/2022).
Para pembalap meramaikan road race Piala Sultan HB X di Bantul, Minggu (14/8/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng
Bantul -

Ratusan pembalap dari berbagai daerah di pulau Jawa terjun dalam balapan motor Piala Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di area parkir stadion Sultan Agung (SSA), Bantul. Ada puluhan kelas yang diperlombakan dalam kejuaraan itu.

Pimpinan lomba Nugroho Wijayanto mengatakan, bahwa balap motor ini merupakan kejuaraan terbuka yang memperebutkan piala Sultan HB X. Sedangkan untuk jumlah pesertanya mencapai ratusan starter di puluhan kelas.

"Diikuti sekitar 200 peserta dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta), untuk kelasnya sekitar 20 kelas yang dilombakan," katanya kepada wartawan di SSA, Bantul, Minggu (14/8/2022).


Selain itu, Nugroho mengungkapkan bahwa pihaknya membuka beberapa kelas yang terbilang tidak biasa. Salah satunya kelas eks atau bekas rider road race.

"Ada kelas eks rider yang pesertanya berusia di atas 45 tahun. Eks rider ini motornya kapasitasnya 130 cc, ada 7 peserta yang akan tampil, kita juga ada kelas scooter," ujarnya.

Nugroho mengungkapkan, bahwa kejuaraan ini juga sebagai wadah menjaring pembalap-pembalap muda. Selain itu, untuk mewadahi penggila balap agar tidak melakukan balap liar di jalan raya.

"Selain untuk penjaringan bibit-bibit muda, ini juga untuk merangkul semua daripada (balapan) di jalan raya, jadi kita akomodir di sini. Untuk bahan bakar motor yang digunakan juga khusus," ucapnya.

Terlepas dari hal tersebut, dia mengaku merasa prihatin dengan tidak adanya sirkuit permanen di Yogyakarta. Padahal, Yogyakarta merupakan gudang para pembalap kelas nasional seperti Hendriansyah dan Doni Tata.

"Jogja gudangnya pembalap, tapi saya prihatin dengan sirkuit permanen. Padahal dari Sultan sudah memberikan SG (sultan ground) tapi investor kita belum ada," ujarnya.

"Hingga saat ini belum ada investornya. Jadi sudah 3 tahun lalu di Jogja kejurnas road race tidak ada karena kita tidak punya sirkuit permanen. Karena kejurnas Motoprix harus di sirkuit permanen," lanjut Nugroho.



Simak Video "Respons HB X Diusulkan PAN Bantul Jadi Capres"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)