Gemerlap 1.000 Gerbang Lampu Merah Putih Hiasi Kampung di Kulon Progo

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Minggu, 14 Agu 2022 13:43 WIB
Seribuan gerbang lampu merah putih yang menghiasi Dusun Gunung Gempal, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kulon Progo, Sabtu (13/8/2022).
Seribuan gerbang lampu merah putih yang menghiasi Dusun Gunung Gempal, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kulon Progo, Sabtu (13/8/2022). (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng)
Kulon Progo -

Berbagai cara dilakukan warga untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Indonesia. Warga di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memilih memasang seribuan gerbang lampu merah putih.

Adalah warga di Dusun Gunung Gempal, RT 24, RW 11, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kulon Progo yang punya ide tersebut. Dengan bergotong royong mereka memasang 1.000 gerbang lampu sepanjang 500 meter di jalan kampung setempat. Gerbang ini terlihat cantik dan meriah saat malam tiba.

"Untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI kali ini, kami memasang sekitar 1.000 lebih lampu, sepanjang kurang lebih 500 meter," ucap Ketua RW setempat, Jumadi saat ditemui di lokasi Sabtu (13/8/2022).


Jumadi mengatakan biaya pemasangan ribuan gerbang lampu ini mencapai Rp 9 juta. Dana diperoleh dari donasi warga, sementara bahan bambu yang menjadi gerbang lampu merupakan swadaya masyarakat setempat.

"Dananya ini spontanitas warga, jadi swadaya gitu sampai Rp 9 jutaan lah kurang lebih," ujarnya.

Selain sebagai hiasan, kehadiran gerbang lampu ini ternyata juga dilombakan antar dasawisma. Gerbang paling meriah, cantik dan menunjukkan nasionalisme Indonesia bakal dipilih menjadi juaranya.

"Ya biar makin meriah memang kita lombakan antar dasawisma di RT 24," ucapnya.

Sementara itu salah satu warga, Aurel Okta Salsabila (15) mengaku senang dengan kehadiran ribuan gerbang lampu di lingkungan rumahnya. Menurutnya gerbang ini menguatkan kesan meriah dan mewah dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI.

"Menarik, terus kelihatan mewah sama lebih bagus aja," ucapnya.

Aurel menuturkan kehadiran lampu-lampu cantik ini sebenarnya bukan yang pertama. Tahun lalu hal serupa pernah dilakukan warga, hanya saja sebatas ditempel di sepanjang rumah dan tidak dijadikan seperti gerbang masuk.

"Pernah tahun kemarin kaya gini, tapi bedanya dulu cuma ditempel-tempel di rumah aja," ujarnya.

Karena keunikannya ini, gerbang lampu di Gunung Gempal pun menjadi objek selfie masyarakat setempat. Setiap malam tiba sejak gerbang ini dipasang, banyak masyarakat yang sengaja datang hanya untuk mengabadikan gambar di lokasi tersebut.

Warga selfie di deretan gerbang lampu merah putih yang menghiasi Dusun Gunung Gempal, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kulon Progo, Sabtu (13/8/2022)Warga selfie di deretan gerbang lampu merah putih yang menghiasi Dusun Gunung Gempal, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kulon Progo, Sabtu (13/8/2022) Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng



Simak Video "2 Konten Kreator TikTok Sukses Cetak Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)