Kemenhub Rilis Aturan Baru, Ini Tarif Ojek Online di Jogja Terkini

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 11 Agu 2022 00:01 WIB
ojol
Ilustrasi Ojol. Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Yogyakarta -

Kementerian Perhubungan telah menerbitkan aturan baru mengenai tarif ojek online (ojol) di Indonesia. Aturan tersebut berdampak pada naiknya tarif ojol di semua wilayah, terutama pada tarif jasa minimal.

Tarif ojol itu diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 tahun 2022. Peraturan baru itu otomatis mencabut aturan yang sebelumnya, yaitu Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 348 tahun 2019.

Tentu saja, aturan ini juga berimplikasi pada naiknya tarif ojol di daerah, termasuk di Jogja. Dalam aturan tersebut Jogja masuk dalam pengaturan tarif di zona 1.


Penerapan zona 1 meliputi Sumatera dan sekitarnya, Jawa dan sekitarnya kecuali Jabodetabek, dan Bali. Adapun Jogja termasuk salah satu daerah di zona ini.

Tarif Ojol di Jogja Terbaru

Lantaran masuk di zona 1, tarif ojol di Jogja juga mengikuti aturan yang diterapkan untuk zona tersebut. Adapun tarif ojol di Jogja terbaru adalah:

  • Biaya jasa batas bawah sebesar Rp 1.850/km,
  • Biaya jasa batas atas sebesar Rp 2.300/km,
  • Biaya jasa minimal dengan rentang biaya jasa antara Rp 9.250-Rp 11.500.

Tarif ojol di Jogja terbaru itu sebenarnya tidak banyak berubah dibandingkan tarif sebelumnya. Untuk biaya jasa batas atas dan bawah sebenarnya masih sama dengan peraturan yang sebelumnya.

Sedangkan untuk biaya jasa minimal mengalami kenaikan. Adapun tarif ojol di Jogja yang lama berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 348 tahun 2019 adalah sebagai berikut:

  • Biaya jasa batas bawah sebesar Rp 1.850/km,
  • Biaya jasa batas atas sebesar Rp 2.300/km,
  • Biaya jasa minimal dengan rentang biaya jasa antara Rp 7.000- Rp 10.000.

Mulai Kapan Tarif Terbaru Ojol di Jogja Berlaku?

Dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 tahun 2022 disebutkan bahwa aturan itu mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan. Adapun aturan tersebut diterbitkan pada 4 Agustus 2022.

Meski demikian, Kementerian Perhubungan juga memberikan toleransi bagi penyedia jasa aplikasi untuk melakukan penyesuaian tarif baru.

"Perusahaan aplikasi melakukan penyesuaian pencantuman biaya jasa pada aplikasi paling lambat 10 (sepuluh) hari kalender sejak keputusan menteri ini ditetapkan," demikian bunyi aturan tersebut.



Simak Video "Kemenhub 2 Kali Tunda Kenaikan Tarif Ojol, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)