Gas Lur! Motor Antik Eropa-AS Bakal Mejeng di Djogjantique Day Jogja

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Jumat, 29 Jul 2022 19:04 WIB
Motor Antique Club (MAC) Yogyakarta gelar Djogjantique Day di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, DIY, 5-6 Agustus mendatang.
Motor Antique Club (MAC) Yogyakarta gelar Djogjantique Day di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, DIY, 5-6 Agustus mendatang. Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng
Yogyakarta -

Motor Antique Club (MAC) Yogyakarta kembali menggelar Djogjantique Day. Event motor klasik itu bakal digelar di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, DIY, 5-6 Agustus mendatang.

Ketua MAC Yogyakarta Admaji Apriliyanto mengatakan Djogjantique Day 2022 bertajuk 'Gumregass', dari kata gumregah, kosakata Bahasa Jawa yang berarti semangat, bangkit, dan optimisme.

"Dan tahun pandemi kemarin membuat kami tidak bisa mengadakan ajang silahturahmi sesama penggemar motor tua seluruh Indonesia. Karena itu kami ingin bangkit dan penuh semangat dalam acara ini, dan karena kami anak motor jadi pakai kata gumregass," kata Admaji kepada wartawan di JEC, Jumat (29/7/2022).


Event ini akan menyuguhkan edukasi, seni, hiburan, area merchandise, dan kuliner. Nantinya motor-motor antik dari para bikers yang datang akan ditata sebagai edukasi dan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

"Jadi tidak ada kontes, melainkan teman-teman yang datang akan diseleksi dulu motornya jenis apa. Misal yang motornya BSA ditata di sisi sana dan yang Triumph di sisi sini, ya intinya kami ingin melibatkan peserta yang datang ke acara Djogjantique Day," ucapnya.

Peserta yang akan meramaikan Djogjantique Day, Admaji menyebut dari 67 cabang MAC di seluruh Indonesia. Jumlahnya sekitar seribuan.

"Target kami yang datang sekitar 1.500 bikers, tapi sangat mungkin jumlahnya lebih dari itu. Selain dari Indonesia, besok juga ada bikers dari Malaysia dan Thailand yang konfirmasi hadir," ujarnya.

Selain itu, acara yang berlangsung dua hari ini akan diisi tarian tradisional dan jathilan, serta beragam aliran musik. Sedangkan pameran seni akan mengangkat isu daur ulang sampah logam menjadi sebuah karya seni patung dari salah seorang anggota MAC Yogyakarta.

"Besok juga akan ada tiga replika robot dari onderdil motor karya Eri Sudarmono. Nah, satu dari tiga karya itu konsepnya beda dari biasanya dan itu yang akan kami lelang," katanya.

Halaman selanjutnya, hadirkan motor keluaran Eropa-AS...