Gelar Festival Musik Bhayangkara, Kapolri Ingin Wadahi Aspirasi Musisi

Heri Susanto - detikJateng
Jumat, 27 Mei 2022 04:20 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menutup Festival Musik Bhayangkara 2022 di Yogyakarta, Kamis (26/5/2022).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menutup Festival Musik Bhayangkara 2022 di Yogyakarta, Kamis (26/5/2022). Foto: Heri Susanto/detikJateng
Yogyakarta -

Polri menggelar final Festival Musik Bhayangkara di Kota Jogja kemarin malam. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap festival musik ini bisa mewadahi aspirasi para musisi jalanan tanah air.

Acara ini digelar di Monumen Serangan Umum 1 Maret, di Kompleks Benteng Vredeburg, Jogja, Kamis (26/5). Dalam sambutannya, Sigit mengatakan festival ini sebagai bentuk Polri membuka ruang demokrasi dan berekspresi masyarakat.

"Kami institusi Polri berusaha untuk terus menerus memperbaiki diri khususnya, dalam membuka ruang-ruang demokrasi. Jika tahun lalu, dalam situasi saat itu mencoba untuk memberikan ruang ekspresi bagi masyarakat dan rekan-rekan kita lomba mural dan orasi," kata Sigit usai menutup Festival Musik Bhayangkara 2022, di Monumen Serangan Umum 1 Maret, Kamis (26/5/2022).


Sigit mengatakan pihaknya memanfaatkan musik sebagai penyampaian aspirasi maupun kritik terhadap Polri.

"Kita mencoba memanfaatkan musik sebagai kegiatan yang bisa digunakan untuk menyampaikan ekspresi, jadi ini ruang-ruang demokrasi yang coba kita bangun, dalam rangka dilakukan karena kita lihat bahwa banyak seniman-seniman besar menyampaikan ekspresi-ekspresinya melalui musik," jelasnya.

Terlebih, kata Sigit, tahun ini sudah mendekati tahun politik. Polri berharap masyarakat bisa memanfaatkan sarana berekspresi ini dengan semaksimal mungkin.

"Kami akan terus mendorong hal-hal seperti ini (festival musik untuk mendorong demokrasi). Sehingga posisi bagaimana kita menghadapi di tahun politik ini tentunya akan banyak kegiatan-kegiatan menjadi bagian ekspresi, bagaimana ruang-ruang demokrasi kita manfaatkan dengan baik," jelasnya.

Sigit pun berjanji bakal mengawal kegiatan masyarakat yang hendak menyuarakan pendapatnya. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab Polri untuk mengayomi masyarakat.

"Kami Polri tentunya siap mengawal ruang-ruang demokrasi tentunya ini menjadi bagian yang harus diisi sebagai bentuk kritis kita. Bentuk kepedulian kita, bentuk kegiatan kita terhadap masyarakat dan negara," jelasnya.

Berikut daftar pemenang Festival Musik Bhayangkara 2022:

  1. Juara I: Smallcoustic Polda Metro Jaya mendapatkan Rp 200 juta.

  2. Juara II: Tiang Gangsal, Polda Jatim mendapatkan Rp 125 juta.

  3. Juara III: 86 Akustik dari Polda Sulsel mendapatkan Rp 65 juta.

  4. Kategori terfavorit: Yusten Bentar Kaesmetan, Polda NTT mendapatkan Rp 50 juta.

  5. Kategori terunik: Marthalufias dari Polda Metro Jaya mendapatkan mendapatkan Rp 50 juta.

  6. Finalis mendapatkan Rp 30 juta.



Simak Video "Kapolri Tegaskan Transparan Jelang Rekonstruksi Kasus Brigadir J"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ams)