Kesaksian Perekam Video Detik-detik Banjir Bandang Plampang Kulon Progo

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Jumat, 20 Mei 2022 10:33 WIB
Pramono menunjukkan lokasi banjir bandang yang melanda Dusun Plampang II, Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY, Jumat (20/5/2022).
Pramono menunjukkan lokasi banjir bandang yang melanda Dusun Plampang II, Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY, Jumat (20/5/2022). (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng)
Kulon Progo -

Video berisi detik-detik banjir bandang menerjang wilayah Dusun Plampang II, Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) viral. Perekam video tersebut merupakan warga setempat, Pramono.

Pramono bercerita, peristiwa banjir bandang ini terjadi saat hujan deras melanda wilayah Plampang II pada Kamis (20/5) sekitar pukul 16.00 WIB. Tingginya intensitas hujan saat itu menimbulkan genangan di kawasan pertambangan batu andesit dusun setempat.

Air yang menggenang itu sejatinya mengalir lewat saluran irigasi menuju sungai. Namun karena saluran itu tersumbat, membuat air akhirnya meluber hingga membanjiri akses jalan di sana. Akibatnya terjadi banjir disertai limpahan material tanah dan batu.

"Jam 4 sore hujan deras, terus intensitas air yang mengalir ke irigasi saluran air karena jembatannya bumpet (mampet) gorong-gorongnya terus melebar ke jalan semua. Akhirnya terjadi banjir yang sangat deras sekali, mulai banjir itu sekitar jam 4.15 sore," ungkap Pramono saat ditemui detikJateng di rumahnya, Jumat (20/5/2022).

Melihat hal itu, Pramono lantas mengambil telepon genggamnya untuk mengabadikan gambar. Ia juga merekam dua buah video berisi detik-detik banjir bandang itu terjadi, untuk kemudian dibagikan ke grub WhatsApp.

"Iya, saya video tapi cuma saya kirim ke grub karangtaruna, entah siapa yang kirim ke grup-grup lain saya nggak tahu," ucapnya.

Pramono menuturkan peristiwa ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, pada April 2022 pernah terjadi peristiwa serupa. "Ini yang ketiga kalinya. Sebelumya tanggal 1 bulan kemarin, sama malam minggu sekitar 2 minggu yang lalu," ujarnya.

Pramono mengatakan dampak dari banjir bandang ini memutus akses jalan utama warga untuk menuju Kantor Kalurahan Kalirejo dan Kapanewon Kokap. Selain itu juga memaksa sejumlah warga untuk mengungsi.

"Yang kemarin dirasakan warga, akses jalan buntu karena tanah longsor. Lalu tadi malam ada 6 KK (kepala keluarga) mengungsi. Sekitar sini ada 3 KK mengungsi ke saudaranya, terus yang sebelah atas ada 3 KK yang mengungsi juga," terangnya.

Diberitakan sebelumnya video berisi banjir bandang menerjang permukiman warga di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) viral. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat membenarkan video tersebut, dan kini sedang melakukan kroscek ke lokasi.

"Informasi dari warga ke Komandan TRC kami benar, dan beliau perintahkan ke teman yang piket untuk asesmen ke lapangan," ucap Kepala Pelaksana BPBD Kulon Progo Joko Satyo Agus Nahrowi saat dimintai konfirmasi oleh detikJateng, Kamis (19/5).

Video itu diambil di wilayah Dusun Plampang II, Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap. Berdurasi sekitar 1 menit, video menggambarkan banjir bandang disertai limpahan material tanah mengalir deras memenuhi jalanan dan menerjang beberapa rumah warga.

Video ini viral di grup-grup WhatsApp warga Kulon Progo. Adapun kejadian itu berlangsung pada sore hari ini, sekitar pukul 17.00 WIB. Pemicunya adalah hujan deras yang mengguyur wilayah Kulon Progo sejak sore hari.



Simak Video "Ngeri! Cerita Warga Kulon Progo Saat Banjir Bandang Menerjang"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)