Yatim Piatu Akibat COVID-19 di Bantul Dijamin Bisa Lanjut Sekolah

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Sabtu, 30 Apr 2022 21:26 WIB
pemkab bantul
Ilustrasi. Foto: pemkab bantul
Bantul -

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul memastikan 10 anak yatim piatu akibat COVID-19 tetap dapat melanjutkan sekolah dan mendapat fasilitas dari Disdikpora. Bahkan, anak-anak itu bisa memilih sekolah yang mereka inginkan.

"Anak yatim piatu karena COVID-19 yang mau melanjutkan dari SD ke SMP langsung akan ditangani Disdikpora Bantul," kata Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko kepada wartawan di Kabupaten Bantul, Sabtu (30/4/2022) malam.

Sedangkan untuk anak-anak lulusan SMP, Disdikpora Bantul akan memfasilitasi untuk bisa melanjutkan ke SMA atau SMK. Disdikpora Bantul akan berkomunikasi dengan Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Bantul atau Kepala Disdikpora DIY.


"Anak-anak ini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, khususnya dari salah satu anggota Wantimpres yang mau menjamin 10 anak yatim karena COVID-19 di Bantul untuk menuntaskan jenjang pendidikannya," ucapnya.

Karena kehilangan kedua orang tuanya, Isdarmoko berujar, anak-anak tersebut mengalami kendala dalam belajar. Terlebih, secara psikis mereka juga terganggu sehingga hasil belajarnya kurang maksimal.

"Karena itu kita beri pilihan bagi anak atau pengasuhnya untuk memilih mau sekolah di mana, selama itu SMP, SMA, atau SMK negeri di Bantul," ucapnya.

"Tapi ya jangan asal pilih, karena perlu juga mempertimbangkan jarak sekolah dengan rumah. Apalagi orang tua sudah tidak ada, terus nanti yang mengawasi siapa kalau sekolahnya jauh dari rumah," lanjut Isdarmoko.

Sementara itu, Staf Ahli Watimpres Muhamad Mardiono yakni Sri Harjono mengatakan, bahwa ada 10 anak yatim piatu akibat COVID-19 di Bantul menjadi anak asuh Mardiono. Bahkan, jika anak-anak itu mau melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi pihaknya akan memfasilitasinya.

"Kalau yang bersangkutan nanti ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi Pak Mardiono juga siap membantunya," ujarnya.



Simak Video "Polisi Ciduk Pria Ngaku Anggota Brimob Tipu Janda di Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)