Asyik! Jembatan Kretek II JJLS Bantul Buka Selama Libur Lebaran

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Jumat, 29 Apr 2022 18:36 WIB
Suasana di Jembatan Kretek II Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek, Bantul, Jumat (29/4/2022).
Suasana di Jembatan Kretek II Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek, Bantul, Jumat (29/4/2022). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Bantul -

Jembatan Kretek II di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dibuka dengan waktu tertentu selama libur Lebaran, tepatnya tanggal 29 April hingga 6 Mei. Hal tersebut untuk memudahkan akses dari Parangtritis menuju Samas dan arus mudik Lebaran.

Pantauan detikJateng pukul 14.10 WIB di Jembatan Kretek II Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek, Bantul tampak lalu lalang kendaraan bermotor baik roda 2 hingga roda 4. Bahkan, tidak sedikit pengendara yang berhenti sejenak untuk berswafoto dengan latar belakang Jembatan Kretek II. Pasalnya jembatan tersebut berada di atas Laguna Pantai Depok.

Salah satu pengendara yang melintas yakni Waskita (40) mengaku baru pertama kali melintas Jembatan Kretek II. Menurutnya, dengan bukanya jembatan tersebut memudahkan aksesnya sehari-hari.


"Dengar kalau hari ini dibuka saya terus coba lewat, ternyata pemandangannya bagus juga. Selain itu, dari Paris (Parangtritis) ke Samas jadi dekat, tidak perlu memutar lagi," ujarnya saat ditemui di Jembatan Kretek II, Bantul, Jumat (29/4/2022).

Untuk itu, dia berharap jembatan tersebut bisa seterusnya bisa dilewati. Mengingat adanya jalur tersebut memudahkan mobilitas warga dan memangkas jarak tempuh sekitar 5 kilometer.

"Ini kan informasinya hanya buka sementara ya. Jadi harapannya ya kalau bisa dibuka seperti ini terus," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul Singgih Riyadi menyebut, pembukaan Jembatan Kretek II hanya bersifat sementara dan di jam-jam tertentu saja. Pasalnya setelah libur Lebaran pihaknya akan kembali melakukan penutupan.

"Jembatan Kretek 2 dibuka mulai tanggal 29 April sampai 6 Mei mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, tapi tidak penuh melainkan setengah jalur saja. Semua itu dilakukan untuk memperlancar arus mudik Lebaran," ucapnya.

Suasana di Jembatan Kretek II Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek, Bantul, Jumat (29/4/2022).Suasana di Jembatan Kretek II Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek, Bantul, Jumat (29/4/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng

Pasalnya, Jembatan Kretek II bisa menjadi jalur alternatif pemudik dari arah barat yang akan menuju wilayah Gunungkidul hingga Wonogiri Jawa Tengah. Sejumlah petunjuk arah juga sudah disiapkan mulai dari Srandakan dan Jalan Jogja-Wates maupun di Jalan Parangtritis.

"Dengan demikian bisa mengurangi kepadatan di Jalan Jogja-Wonosari dan Jalan Parangtritis," ujarnya.

Namun, di sisi lain pihaknya juga harus menempatkan personel di jembatan tersebut. Mengingat Jembatan Kretek 2 memiliki daya tarik pemandangan yang bagus dan berpotensi menjadi lokasi swafoto para wisatawan hingga pemudik yang melintas.

"Kami tempatkan personel karena di sana viewnya di sana kan bagus sehingga kita harus antisipasi jangan ada pemudik dan wisatawan berhenti untuk foto-foto di situ (Jembatan Kretek II)," ucapnya.

Bantu urai macet

Kasat Lantas Polres Bantul AKP Gunawan Setiyabudi menjelaskan, bahwa saat libur Lebaran prediksinya lalu lintas di kawasan Parangtritis padat. Oleh sebab itu, pihaknya memilih JJLS, khususnya Jembatan Kretak II sebagai jalur pengurai saat Jalan Parangtritis padat.

"Nantinya wisatawan yang dari Parangtritis pulangnya akan diarahkan ke JJLS wilayah Barat melalui Jembatan Kretek 2 kemudian bisa melewati Jalan Bantul. Tujuannya aagar Jalan Parangtritis tidak terlalu padat," ujarnya.



Simak Video "Horor Mobil Tabrak 10 Motor di Bantul gegara Pengendara Coba Kabur"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/aku)