Antisipasi Macet, Sultan Minta Petugas Arahkan Pemudik Tak Masuk Kota Jogja

Heri Susanto - detikJateng
Rabu, 27 Apr 2022 16:35 WIB
Kepadatan lalu lintas terlihat di kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta, Minggu (27/2/2022). Ratusan kendaraan pribadi dan sejumlah bus wisata tampak memenuhi ruas jalan menuju kawasan wisata Jalan Malioboro, Yogyakarta.
Kepadatan lalu lintas terlihat di kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta, Minggu (27/2/2022). (Foto: Pius Erlangga/detikJateng)
Yogyakarta -

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau petugas untuk mengarahkan pemudik agar tidak masuk Kota Jogja. Hal ini untuk mengurangi kepadatan di kawasan Malioboro terutama saat libur Lebaran nanti.

"Nek Malioboro yo ngrekasa (kesulitan mengurai). Karena Malioboro itu menjadi harapan setiap orang ke Jogja," kata Sultan saat diwawancarai wartawan di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Rabu (27/4/2022).

Sultan mengatakan, bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja, belum lengkap rasanya jika tak mengunjungi Malioboro. Oleh karena itu, setiap wisatawan berkunjung ke Jogja pasti ke Malioboro.


"Belum ke Jogja jika tidak lewat Malioboro. Kok orang luar kota, (orang Jogja) nek ora (tidak melewati) lewat Malioboro ki ora lega (belum merasakan lega)," jelasnya.

Dari kondisi tersebut, lanjut Sultan, upaya menguraikan kepadatan Malioboro hanya berharap dengan petugas yang berjaga di jalan menuju Jogja. Terutama di perbatasan agar bisa mengarahkan pengendara tak masuk Kota Jogja.

"Harapannya kepada petugas kalau mau ke Jogja hanya lewat (diarahkan tidak masuk kota)," jelas bapak lima puteri ini.

Sultan mencontohkan, bagi pemudik dari arah Solo melalui Prambanan bisa diarahkan langsung lewat jalur alternatif ke Magelang lewat alternatif Prambanan, ke kiri Kalasan sampai ke Tempel, Magelang.

"Dari Prambanan ke Magelang ya belok kanan, mau ke Purworejo ya belok kiri, jangan terus," katanya.

Bagi pembaca detikJateng yang memiliki informasi atau cerita menarik seputar mudik Lebaran 2022 silakan kirim ke email infojateng@detik.com. Mohon sertakan nomor kontak yang bisa dihubungi oleh redaksi detikJateng.



Simak Video "Otoped Masih Nekat Keluyuran di Malioboro, Sultan HB X: Tangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)