Kick Off Bulan Cinta Laut, Menteri KKP Bersih-bersih Pantai Parangkusumo

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Jumat, 28 Jan 2022 14:34 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono saat mengambil sampah di pinggir Pantai Parangkusumo, Bantul. Tampak pula Bupati Bantul ikut mengambili sampah
Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono saat mengambil sampah di pinggir Pantai Parangkusumo, Bantul. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Bantul -

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Sakti Wahyu Trenggono memulai kick off Bulan Cinta Laut dengan membersihkan sampah di Pantai Parangkusumo, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul. Sakti berharap program ini dapat berlanjut dan dicanangkan Presiden RI.

Pantauan detikJateng, dengan mengenakan kaus lengan panjang warna biru muda, Sakti memunguti sampah di pinggir Pantai Parangkusumo. Selanjutnya, Sakti menimbang sampah yang diambilnya untuk pemasukan warga pesisir Pantai.

"Jadi ini bagian dari pemanasan awal, bagaimana laut menjadi hal yang paling penting yang harus kita jaga bersama," katanya kepada wartawan di Pantai Parangkusumo, Bantul, Jumat (28/1/2022).

Pentingnya laut yang bersih, kata Sakti, akan berdampak pada kehidupan manusia. Seperti halnya dengan laut yang bersih meningkatkan kunjungan wisata, menggerakkan ekonomi dan meningkatkan tangkapan ikan.

"Pentingnya laut yang sehat, laut yang biru akan menjadikan langit yang biru dan kehidupan umat manusia akan menjadi langgeng, itu hal yang paling penting," ucapnya.

"Karena kehancuran laut adalah kehancuran umat manusia. Untuk itu ini hal awal di Parangtritis. Saya harap ini jadi kegiatan yang masif di seluruh Indonesia akan pentingnya kebersihan laut," lanjut Sakti.

Namun, hal itu memerlukan kerja sama semua pihak, khususnya Pemerintah Kabupaten. Jika sudah berlangsung secara rutin, Sakti menyebut akan mengajukan program tersebut kepada Presiden Joko Widodo agar dicanangkan.

"Dan saya berharap ini nanti akan menjadi program yang akan dicanangkan Presiden kita agar seluruhnya bekerja dan bergerak," ujarnya.



Simak Video "Warga Setuju Buka Blokade TPST Piyungan, Sampah Mulai Diangkut"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/sip)