Berkobar 3 Jam, Kebakaran di Pabrik Wig Kulon Progo Akhirnya Padam

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Selasa, 25 Jan 2022 15:10 WIB
Kebakaran di pabrik wig, Wates, Kulon Progo, Selasa (25/1/2022).
Kebakaran di pabrik wig, Wates, Kulon Progo, Selasa (25/1/2022). (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng)
Kulon Progo -

Kebakaran yang melanda pabrik wig di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siang ini akhirnya padam. Api berhasil dipadamkan setelah sekitar 3 jam berkobar.

"Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.30 WIB, atau tiga jam setelah laporan munculnya api," ujar seorang relawan PMI Kulon Progo, Rio Andi Cahyono, saat dimintai konfirmasi wartawan, Selasa (25/1/2022).

Rio mengatakan meski kebakaran sudah padam, personel PMI bersama Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kulon Progo masih di lokasi untuk melakukan pendinginan titik-titik api. Ini dilakukan guna mengantisipasi kemunculan api baru.

"Biar nggak ada kemunculan titik api lagi," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran di pabrik yang terletak di Kalurahan Triharjo, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo ini terjadi sekitar pukul 11.30 WIB tadi. Adapun laporan diterima petugas gabungan PMI Kulon Progo dan Damkar setempat pada sekitar pukul 12.00 WIB.

Humas Markas PMI Kulon Progo, Wisnu Rangga, mengatakan kobaran api muncul di dalam bangunan yang menjadi tempat genset atau pembangkit listrik cadangan pabrik. Diduga genset mengalami korsleting ketika jam istirahat pabrik.

"Api cepat membesar karena menyambar solar, bahan bakar genset. Ditambah lokasi ini banyak bahan yang mudah terbakar," ucapnya.

Sebanyak sembilan unit truk tangki dikerahkan untuk memadamkan api. Terdiri dari dua unit milik Damkar Kulon Progo, satu milik PMI Kulon Progo, dua milik Damkar Kota Yogyakarta, dan masing-masing satu milik Damkar Bantul dan Damkar Sleman. Tak hanya itu, polisi juga menurunkan dua unit water cannon untuk memadamkan kebakaran tersebut.



Simak Video "Pabrik Wig di Kulon Progo Kebakaran, Karyawan Berhamburan"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/rih)