Belum Padam! Pabrik Wig di Kulon Progo Terbakar Siang Ini

Jalu Rahman - detikJateng
Selasa, 25 Jan 2022 14:03 WIB
Kebakaran pabrik wig milik PT. Sung Chang Indonesia di Wates, Selasa (25/1/2022).
Kebakaran pabrik wig di Wates, Selasa (25/1/2022). (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng)
Kulon Progo -

Pabrik wig PT Sung Chang Indonesia di Kalurahan Triharjo, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terbakar, siang hari ini. Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 11.30 WIB.

"Kejadian ini berlangsung sekitar pukul 11.30 WIB tadi. Adapun laporan kami terima sekitar pukul 12.00 WIB," ungkap Humas Markas PMI Kulon Progo, Wisnu Rangga, saat ditemui detikJateng di lokasi, Selasa (25/1/2022).

Wisnu mengatakan, kobaran api muncul dari bangunan yang menjadi tempat genset atau pembangkit listrik cadangan pabrik. Diduga, genset mengalami korslet saat jam istirahat pabrik sehingga memicu kebakaran.

"Api cepat membesar karena menyambar solar, bahan bakar genset. Ditambah, lokasi ini banyak bahan yang mudah terbakar," ucapnya.

Dari pantauan detikJateng, kobaran api yang melanda pabrik wig ini tergolong cukup besar. Petugas pemadam kebakaran Kulon Progo yang dibantu personel PMI sempat kewalahan dalam upaya memadamkan api.

"Kami harus gunakan dua tangki air milik Damkar Kulon Progo dan satu tangki milik PMI Kulon Progo untuk memadamkan api. Namun, api belum berhasil dijinakkan," ucap Rangga.

"Kendalanya angin dan lokasi sumber air. Terlebih api berada di dekat bahan bakar yang mudah terbakar," sambung Rangga.

Hingga berita ditulis, petugas masih berupaya melakukan pemadaman. Polisi telah diterjunkan untuk mengamankan lokasi dan memasang garis polisi guna mencegah pihaknya tak berkepentingan memasuki lokasi tersebut.



Simak Video "Apartemen Palazzo Jakpus Terbakar, 17 Unit Damkar Dikerahkan"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)