Mayat Bayi Ditemukan di Masjid Bantul, Terselip Surat yang Isinya Begini

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Senin, 24 Jan 2022 14:23 WIB
Ilustrasi penemuan mayat bayi (Dok detikcom)
Foto: Ilustrasi penemuan mayat bayi (dok detikcom)
Bantul -

Sesosok mayat bayi ditemukan di serambi masjid di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mayat bayi tersebut terbungkus kardus dan di dalamnya ada surat wasiat serta uang Rp 100 ribu.

Peristiwa itu terjadi di Masjid Nurudholam, Pedukuhan Brajan, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan. Warga Tamantirto, Bambang, menjelaskan mayat bayi itu ditemukan saat seorang jemaah masjid hendak mengikuti pengajian rutin, Minggu (23/1) petang. Sesampainya di masjid, jemaah itu mendapati ada kardus di serambi.

"Kemudian jemaah itu mendekati kardus tersebut untuk memeriksanya. Nah, setelah kardus itu dibuka ternyata isinya bayi dengan kondisi dibungkus plastik dan kain putih penuh darah," kata Bambang saat ditemui wartawan, Senin (24/1/2022).

"Dalam kardus bayi tersebut terdapat uang Rp 100 ribu dan surat yang isinya minta bayi itu diurus untuk pemakamannya," lanjutnya.

Mendapati hal tersebut, warga lantas melaporkannya ke pengurus masjid dan diteruskan ke Polsek Kasihan. Tak lama kemudian polisi bersama tim medis Puskesmas Kasihan mendatangi lokasi untuk melakukan pemeriksaan dan olah TKP.

"Dari informasi medis itu usia bayi sekitar lima bulanan saat dilahirkan dan dilahirkan ibunya sekitar empat jam sebelum bayi tersebut ditemukan," jelasnya.

Lebih lanjut, bayi tersebut sebetulnya akan dimakamkan oleh warga. Akan tetapi polisi membawa jasad bayi tersebut ke RS Bhayangkara Polda DIY. Bambang menambahkan pelaku telah diamankan polisi.

"Dari informasi kemarin itu empat jam setelah ditemukan ibunya sudah ditangkap polisi," ucapnya.

Dihubungi terpisah, Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Archye Nevadha membenarkan terkait penemuan mayat bayi tersebut. Archye juga membenarkan pelaku telah diamankan.

"Masih dalam proses pemeriksaan, nanti akan dirilis oleh Pak Kapolres (Bantul)," kata Archye saat dihubungi wartawan hari ini.



Simak Video "Geger Penemuan Mayat Bayi di Tumpukan Sampah Sungai Citarum Lama"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)