Daftar Lokasi-Tarif Parkir Resmi Motor dan Mobil di Malioboro

Heri Susanto - detikJateng
Jumat, 21 Jan 2022 09:00 WIB
Suasana jalan Malioboro, Yogyakarta, Rabu (19/1/2022).
Suasana Jalan Malioboro Jogja. (Foto: Heri Susanto/detikJateng)
Jogja -

Ramai soal tarif parkir nuthuk hingga praktik mark up di kawasan Malioboro Jogja kembali terjadi beberapa waktu lalu. Lalu, di mana saja lokasi dan tarif resmi parkir motor-mobil pribadi di kawasan Malioboro Jogja?

Berikut ini daftar lokasi tempat khusus parkir (TKP) resmi di kawasan Malioboro berdasarkan data dari Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta Immanudin Aziz:

  • TKP Limaran - khusus sepeda motor
  • TKP Sriwedari - mobil dan motor
  • TKP Selatan Pasar Beringharjo - mobil dan motor
  • TKP Abu Bakar Ali (ABA) Lantai 2 dan 3 - khusus sepeda motor
Daftar lokasi dan tarif parkir di Jogja, Kamis (20/1/2022).Daftar lokasi dan tarif parkir di Jogja, Kamis (20/1/2022). (Foto: dok Dishub Kota Jogja)

Empat lokasi parkir di atas merupakan milik Pemkot Yogyakarta.

Untuk tarif, lanjut Aziz, seluruh TKP di Malioboro masuk kawasan I. Hal itu tertuang dalam Perda No 2 Tahun 2020 tentang Retribusi Tempat Khusus Parkir.

Dari data Dishub Kota Yogyakarta disebutkan tarif parkir di kawasan Malioboro yakni sebagai berikut:

  • Sedan, Jeep, Pickup, Station Wagon/Box, Kendaraan Bermotor Roda Tiga : Rp 5.000 (2 jam pertama) dan Rp 2.500 (per jam berikutnya)
  • Sepeda motor : Rp 2.000 (2 jam pertama) dan Rp 1.500 (per jam berikutnya)
  • Sepeda listrik : Rp 1.000 (2 jam pertama) dan selanjutnya gratis

Aziz menjelaskan, tarif tersebut berlaku untuk seluruh TKP yang merupakan milik pemerintah. Sedangkan untuk milik swasta, meski sampai saat ini belum ada yang resmi di sekitar Malioboro tapi sudah ada aturannya.

"Kalau mereka resmi artinya mengantongi izin terikat dengan Perda tersebut dan Perwal 132 tahun 2021 tentang Perubahan Tarif Khusus Parkir," jelasnya.

(sip/sip)