Kasus Kematian Akibat COVID-19 di Klaten Kembali Muncul

Achmad Syauqi - detikJateng
Kamis, 20 Jan 2022 21:36 WIB
Pemakaman dengan protokol COVID-19 di Kecamatan Trucuk, Klaten, Kamis (20/1/2022).
Pemakaman dengan protokol COVID-19 di Kecamatan Trucuk, Klaten, Kamis (20/1/2022). Foto: Dok. Posko Dukungan Klaten
Klaten -

Kasus kematian akibat COVID-19 kembali terjadi di Kabupaten Klaten. Seorang warga berinisial G (58) warga Desa Planggu, Kecamatan Trucuk, dinyatakan meninggal dalam kondisi positif COVID-19.

Warga tersebut meninggal dalam perawatan di rumah sakit. Pemakaman kemudian dilakukan dengan menerapkan protokol pemakaman COVID-19.

"Betul positif dari PCR. Ini baru selesai pemakaman," ucap Camat Trucuk, Rabiman pada detikJateng, Kamis (20/1/2022).

Menurut Rabiman, mendiang menurutnya telah menjalani perawatan di RSUD Moewardi, Kota Solo. Selain terkonfirmasi positif COVID-19, warga tersebut juga memiliki riwayat sakit menahun.

"Usianya belum terlalu tua tetapi kata warga sakitnya sudah 10 tahun terakhir. Saya kaget juga PCR nya positif," jelas Rabiman.

Apalagi, sebut Rabiman, selama ini di wilayahnya sudah nihil kasus COVID-19 sejak beberapa bulan terakhir. Sebagai antisipasi, petugas kesehatan langsung melakukan penelusuran kontak erat atau tracing.

Penelusuran kontak erat itu dilakukan terhadap 7 warga. Saat ini warga itu harus melakukan karantina sembari menunggu hasil pemeriksaan.

Koordinator posko dukungan Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten, Sasongko Agung Wibowo membenarkan bahwa mendiang dinyatakan positif COVID-19.

"Dinyatakan positif dari swab PCR. Data dikirim ke posko tetapi yang menangani pos aju kecamatan," sebut Agung

Pemakaman dengan protokol COVID-19 yang dilakukan hari ini menurutnya merupakan kali kedua pada Januari ini. Namun, di kasus pertama belakangan diketahui bahwa orang yang meninggal dinyatakan negatif COVID-19.



Simak Video "Baliho Raksasa Ajak Nikah Mbak Maya Nangkring di Klaten"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ahr)