Perintah Panglima soal Ribut Anggota TNI dan Sopir Angkot Sukabumi

Nasional

Perintah Panglima soal Ribut Anggota TNI dan Sopir Angkot Sukabumi

Tim detikNews - detikJateng
Kamis, 29 Sep 2022 16:04 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa hingga KSAD Jenderal Dudung Abdurachman hadir dalam rapat Komisi I DPR. Posisi duduk Andika dan Dudung dipisahkan Menhan Prabowo.
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Dok. Istimewa)
Solo -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyampaikan perintah terkait kasus ribut-ribut anggota TNI dan sopir angkot di Sukabumi, Jawa Barat. Andika memerintahkan proses pidana tetap diusut meski kedua belah pihak sudah sepakat damai.

Hal itu disampaikan Andika dalam rapat dengan tim hukum TNI yang ditayangkan di YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, seperti dilihat Kamis (29/9/2022). Adika awalnya mendengarkan perkembangan kasus dari jajarannya.

"Kasus Sukabumi perselisihan Danyonif 310 dan sopir angkot di Sukabumi," kata Irjen TNI Marsda Reki Irene Lumme dalam pemaparannya.


Perkembangan kasus itu kemudian dijelaskan oleh Danpuspomad Letjen Chandra Warsenanto Sukotjo. Chandra menyebut kasus tersebut berakhir secara kekeluargaan, tapi proses pidana yang melibatkan prajurit tetap diusut.

"Izin melaporkan yang bersangkutan melaporkan bahwa Bapak Pangdam memberikan petunjuk bahwa kasus Yonif 310/KK sudah diselesaikan secara kekeluargaan dengan pihak korban," kata Chandra.

"Soal ini kami tindaklanjuti dengan bahwa penyelesaian kekeluargaan itu tidak menyelesaikan tindak pidana," imbuhnya.

Merespons hal itu, Andika memerintahkan kasus tetap dilanjutkan. Dia menekankan bahwa penyelesaian secara kekeluargaan tidak menghilangkan usur pidana.

"Bagus. Ya ini kan tidak menghilangkan pidananya, lanjut terus, lanjut terus," kata Andika.

Keributan TNI dan Sopir Angkot di Sukabumi

Aksi TNI turun dari truk di Sukabumi bikin heboh. Belakangan diketahui aksi tersebut gegara salah paham antara komandan dengan sopir angkot. Permasalahan kini sudah selesai.

Aksi itu terekam video yang kemudian viral di media sosial (medsos). Anggota TNI turun dari truk di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor.