5 Sampel DNA Dites Terkait Mayat Hangus Diduga PNS Semarang Saksi Korupsi

5 Sampel DNA Dites Terkait Mayat Hangus Diduga PNS Semarang Saksi Korupsi

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Senin, 12 Sep 2022 16:16 WIB
Police line tape. Crime scene investigation. Forensic science.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/D-Keine)
Semarang -

Polisi masih menunggu hasil tes DNA dari mayat hangus yang diduga PNS Bapenda Kota Semarang, Paulus Iwan Budi P. Ada lima sampel DNA yang dibawa ke laboratorium untuk dilakukan tes.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan lima sampel DNA yang diuji yaitu dua dari korban dan tiga dari pihak keluarga.

"Tulang iga korban, tulang clavicula, sampel DNA dua anak laki-laki, sampel DNA anak perempuan," kata Iqbal lewat pesan singkat, Senin (12/9/2022).


Saat ini tes dilakukan oleh Puslabfor Mabes Polri dan butuh waktu sekitar dua pekan. Iqbal menegaskan jika nantinya DNA dari anak-anak Iwan identik dengan mayat yang ditemukan, maka bisa dipastikan mayat hangus itu adalah Iwan.

"Apabila dalam hasil pemeriksaan DNA nanti didapat hasil yang identik, maka dapat dipastikan bahwa jenazah yang ditemukan di TKP yang sudah 100 persen terbakar dan tidak terdapat kepala adalah benar-benar yang diduga korban karena DNA-nya identik dengan DNA anak-anak korban," jelas Iqbal.

Untuk diketahui, mayat tersebut ditemukan warga dalam kondisi hangus bersama motor di tanah kosong kawasan Marina, Kota Semarang, Kamis (8/9) lalu. Kondisi mayat tidak ada kepala, kaki kanan, dan tangan mulai dari pergelangan.

Dugaan identitas mayat itu Iwan muncul karena nomor polisi motor yang hangus sama dengan yang dibawa Iwan saat terakhir pergi tanggal 24 Agustus 2022 sebelum dinyatakan hilang. Selain itu ada name tag '.. wan Budi P... '. Polisi juga menemukan dugaan pembunuhan, selain itu dari pemeriksaan sementara mengarah pada korban sudah tewas sebelum terbakar.

Belakangan diketahui ternyata Iwan mendapat panggilan untuk dimintai keterangan dalam kasus korupsi yang ditangani Polda Jateng. Namun saat hari pemanggilan tiba ternyata Iwan sudah dilaporkan hilang.



Simak Video "Geger Penemuan Mayat Hangus Tanpa Kepala di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)