Fahmi Alamsyah Disebut Gerak Sendiri Saat Koordinasi dengan Ferdy Sambo

Nasional

Fahmi Alamsyah Disebut Gerak Sendiri Saat Koordinasi dengan Ferdy Sambo

Tim detikNews - detikJateng
Jumat, 26 Agu 2022 14:45 WIB
Fahmi Alamsyah
Mantan Penasihat Ahli Kapolri, Fahmi Alamsyah. (Foto: dok pribadi)
Solo -

Mantan Penasihat Ahli Kapolri Fahmi Alamsyah terseret dugaan penyusunan skenario Irjen Ferdy Sambo. Sosok Fahmi disebut bergerak sendiri berkoordinasi dengan Ferdy Sambo.

"Ya saya tahu Saudara Fahmi sudah jadi penasihat ahli sebelum Pak Sigit jadi Kapolri. Secara de facto, orang itu bergerak sendiri saat berkoordinasi dengan Ferdy Sambo," ujar anggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra Habiburokhman kepada wartawan, demikian dilansir detikNews, Kamis (25/8).

Waketum Gerindra itu meminta peran Fahmi terkait kontroversi diduga terlibat penyusunan skenario Ferdy Sambo didalami.


"Perlu didalami apakah dia ikut menyusun skenario obstruction of justice atau hanya mendengar informasi dari Sambo dan menuliskannya," imbuhnya.

Habiburokhman juga meminta posisi Penasihat Ahli Kapolri dari unsur eksternal untuk dievaluasi. Dia mendorong Polri memaksimalkan sumber daya manusia (SDM) yang ada dalam internal Polri untuk posisi Penasihat Ahli Kapolri.

"Apakah tidak lebih baik Polri memaksimalkan SDM internal untuk menjadi penasihat ahli," imbuhnya.

Fahmi Alamsyah Disebut Sehari-hari Lebih Banyak Bersama Ferdy Sambo

Kapolri Jenderal Sigit Prabowo blak-blakan bicara soal mantan penasihat Kapolri Fahmi Alamsyah saat ditanya oleh beberapa anggota Komisi III DPR RI dalam rapat kerja, Rabu (24/8). Sigit mengungkap Fahmi Alamsyah lebih banyak bersama Irjen Ferdy Sambo.

"Dalam kesehariannya, saya tidak pernah ketemu dengan yang bersangkutan karena memang yang bersangkutan sehari-harinya lebih banyak bersama dengan Ferdy Sambo," kata Kapolri dalam rapat bersama Komisi III DPR RI, Senin (24/8).

Sigit menyatakan Fahmi Alamsyah memang pernah menjabat penasihat ahli Kapolri. Namun, kata Sigit, Fahmi sudah diangkat dalam pekerjaan itu oleh Kapolri sebelum dirinya.

"Saudara Fahmi itu memang betul dia penasihat ahli Kapolri, Pak, diangkat pada saat Kapolri sebelum saya," ujarnya.

Simak lebih lengkap di halaman berikutnya...