Ini Ciri-ciri Maling Satroni 6 Kelas SMKN 1 Klaten Saat Upacara HUT RI

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Kamis, 18 Agu 2022 10:52 WIB
Maling beraksi di SMKN 1 Klaten, Rabu (17/8/2022). Saat kejadian, siswa dan guru tengah upacara HUT RI.
Maling beraksi di SMKN 1 Klaten, Rabu (17/8/2022). Saat kejadian, siswa dan guru tengah upacara HUT RI. Foto: Tangkapan layar rekaman CCTV SMKN 1 Klaten
Klaten -

Seorang maling beraksi di SMKN 1 Klaten saat upacara bendera HUT RI. Aksi pria mengacak-acak tas puluhan pelajar di enam kelas itu terekam kamera CCTV.

"Pelaku cowok, pakai jaket jumper, pakai celana kain, pakai masker," kata staf Bagian Kesiswaan SMKN 1 Klaten, Tri Aji Budi Harto, kepada wartawan di kantornya, Kamis (18/8/2022).

Tri menjelaskan, setelah ada laporan pencurian, pihak sekolah mengecek rekaman kamera CCTV. Di dalam rekaman, tampak pelaku seorang diri menguras isi.


"Ambil satu, ambil lagi dan sempat lihat-lihat HP tapi langsung dimasukkan lagi. Total ada enam kelas dan semua di lantai dua," jelas Tri.

Saat kejadian pada Rabu (17/8) pagi, kata Tri, siswa dan guru tengah mengikuti upacara HUT RI di halaman belakang sekolah. Sementara penjaga sekolah sedang berkeliling kompleks SMKN 1 Klaten.

Pelaku masuk diduga lewat pintu sisi utara sekolah dan menuju ruang kelas. Kejadian pencurian diketahui setelah selesai upacara.

"Masuknya lewat pintu ini (utara) lalu naik tangga ke lantai dua, yang dicuri ada uang saku, ada yang bendahara kelas," ungkapnya.

"Kita mau rapat ada siswa lari melapor ada yang kehilangan uang. Kita data dan ternyata banyak jumlahnya," sambung Tri.

Jumlah siswa SMKN 1 Klaten yang kehilangan uang sementara ini berjumlah 25 orang. Total uang yang digondol pelaku senilai Rp 3,2 juta.

"Jumlah yang tasnya diacak-acak pencuri jadi 25 orang. Jumlah bertambah karena ada siswa yang belum menyadari tas dibuka pencuri," jelasnya.

"HP utuh sejauh ini tidak ada yang hilang. Kerugian total Rp 3.250.000, untuk laptop tidak ada," imbuh Tri.

Sementara itu, Humas SMKN 1 Klaten Wahyudi mengatakan kejadian pencurian di sekolahnya sudah dua kali ini. Yang pertama pencurian sepatu di masjid sekolah.

"Dulu di masjid sekolah, tapi sepatu dan yang kehilangan sekuriti. Masuk ya dari pintu itu (utara) itu," kata Wahyudi kepada wartawan.

SMKN 1 Klaten, Kamis (18/8/2022).SMKN 1 Klaten, Kamis (18/8/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

Diberitakan sebelumnya, aksi pencuri yang beraksi di sebuah kelas di SMKN 1 Klaten terekam kamera CCTV. Rekaman tersebut menyebar di media sosial. Ironisnya, maling itu mencuri uang dalam tas milik siswa yang sedang melakukan upacara bendera memperingati HUT ke-77 RI, Rabu (17/8).

Selengkapnya di halaman selanjutnya...