Duh! Jelang HUT RI, Maling Bendera Merah Putih Marak di Klaten

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Rabu, 10 Agu 2022 14:01 WIB
Polisi mengecek lokasi pencurian bendera dan mengganti dengan yang baru di Jatinom, Rabu (10/8/2022).
Polisi mengecek lokasi pencurian bendera dan mengganti dengan yang baru di Jatinom, Rabu (10/8/2022). (Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng)
Klaten -

Aksi pencurian bendera Merah Putih yang dipasang masyarakat marak di Klaten. Maling menyasar bendera yang berada di tepi jalan raya.

Aksi pencurian bendera ini terjadi dua lokasi di Kecamatan Karangdowo dan Jatinom. Di Jalan Posis-Karangdowo, Kecamatan Karangdowo, aksi pencurian tersebut terekam CCTV. Bendera yang hilang sebelumnya dipasang di depan kantor salah satu perusahaan.

"Terpantau CCTV, kejadiannya di depan kantor PT. Kejadiannya Senin (8/8) dini hari lalu," ungkap seorang karyawan, Riki Dwi kepada detikJateng, Rabu (10/8/2022) pagi.


Menurut Riki dalam rekaman CCTV tersebut pelakunya dua orang pria dengan berboncengan sepeda motor. Bendera yang diambil hanya satu lembar.

"Pelaku dua orang, bendera yang diambil cuma satu tapi ukurannya cukup besar. Tidak jelas motifnya apa, tapi sering juga terjadi vandalisme sekitar sini," jelas Riki.

Aksi pencurian tersebut juga viral setelah diunggah di grup Facebook Info Cegatan Klaten (ICK). Dalam video sekitar 20 detik itu, dua pemuda berboncengan motor mencopot bambu tiang bendera dan langsung dibawa kabur.

Aksi pencurian serupa juga terjadi di jalan Klaten-Boyolali, Desa Puluhan, Kecamatan Jatinom. Modusnya mirip, pelaku dengan sepeda motor mengambil bendera.

"Satu bendera yang diambil, pelaku dua orang. Ketahuan siang karena bendera sudah tidak ada," ungkap warga setempat, Rida Ermawati (47) kepada wartawan di lokasi.

Menurut Rida, setelah mengetahui bendera tidak ada, dirinya mengecek CCTV. Rekaman CCTV pencurian itu lalu dibagikan ke warga.

"Saya bagikan ke warga, bendera dipasang sekitar tanggal 25 Juli dalam rangka HUT kemerdekaan. Bendera yang masang warga," sambung Rida.

Kapolsek Jatinom Iptu Nahrowi menyatakan meskipun kejadian itu tidak dilaporkan masyarakat tetapi penyelidikan tetap dilakukan. Pelaku dari CCTV berboncengan.

"Pelaku berboncengan dari CCTV. Tapi nanti kita lihat lagi di CCTV dan saya imbau masyarakat untuk meningkatkan keamanan, ketertiban," ungkap Nahrowi saat diminta konfirmasi.



Simak Video "Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Bukit Klangon Merapi"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/apl)