Beredar Video Pernyataan Ferdy Sambo 'Nitip Nasib Dikombeskan'

Muchus Budi R. - detikJateng
Rabu, 10 Agu 2022 10:25 WIB
Ferdy Sambo minta dikombeskan
Ferdy Sambo saat berharap bisa 'dikombeskan'. (Foto: Tangkapan layar video viral)
Solo -

Irjen Ferdy Sambo kini sudah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir Yoshua alias J. Jenderal bintang dua itu disebut sebagai otak pembunuhan Brigadir J. Namun kini di medsos beredar video Ferdy Sambo membuat pernyataan agar bisa dikombeskan. Bagaimana ceritanya?

Dalam sebuah video viral tampak Ferdy Sambo mengenakan kaus biru, berbicara di depan kamera. Video berdurasi 35 detik dengan materi ucapan diulang-ulang bahkan diberi penekanan-penekanan khusus ketika Ferdy 'nitip nasib' berharap bisa di-kombes-kan.

Dalam video itu Ferdy memberikan pesan khusus yang kemudian ditutup dengan ucapan ulang tahun terhadap atasan atau seseorang yang berpangkat lebih di atasnya. Namun tidak dijelaskan kepada siapa pesan khusus dan ucapan ulang tahun tersebut disampaikan.


Bunyi lengkap ucapan itu adalah:

"... saya sekeluarga... dan sukses terus, bisa menjadi jenderal dan bisa mengkombeskan saya, Pak (sambil tertawa). Selamat ulang tahun, Komandan."

Salah satu akun Facebook yang mengunggah video tersebut adalah akun Sofyan Tsauri. detikJateng sudah mengubungi pemilik akun tersebut dan mengizinkan unggahannya tersebut dijadikan bahan berita.

Sofyan mengakui bukan pemilik asli video tersebut. Dia juga menyebut hanya melakukan unggahan ulang dari video yang sudah tersebar luas. "Wah, biasa netizen kurang kerjaan," ujarnya kepada detikJateng, Rabu (10/8/2022).

Namun Sofyan menduga bahwa video itu direkam pada saat Ferdy Sambo masih berpangkat AKBP dan menduduki salah satu jabatan di Polda Metro Jaya.

Sofyan yang merupakan mantan anggota polisi itu menduga ucapan ulang tahun dan pesan khusus untuk bisa 'dikombeskan' tersebut diucapkan Sambo kepada atasan atau seniornya di kepolisian yang sedang ulang tahun. Dia lalu menyebut nama atasan langsung Sambo saat bertugas di Polda Metro Jaya saat itu.

"Karena gak lama kemudian beliau turun (pangkat) Brigjennya," kata Sofyan menyebut nama atasan Sambo saat itu.



Simak Video "Kompol Baiquni Wibowo Diberhentikan Tidak Hormat Terkait Kasus Sambo!"
[Gambas:Video 20detik]
(mbr/dil)