Guru Purbalingga Perkosa 7 Siswi Ternyata Berkomplot dengan Mantan Murid!

Vandi Romadhon - detikJateng
Selasa, 19 Jul 2022 16:10 WIB
adegan pelecehan kepada peremouan
Ilustrasi. (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Purbalingga -

Masih ingat dengan oknum guru SMP di Purbalingga memperkosa tujuh orang siswinya yang terungkap Maret lalu? Hari ini sidang perdana kasus asusila itu digelar dengan materi pembacaan dakwaan.

"Hari ini sidang pertama agendanya pembacaan dakwaan. Jadi ada dua sidang untuk perkara yang sama. Tapi berkasnya berbeda dan terdakwanya berbeda," kata Humas Pengadilan Negeri (PN) Purbalingga, Agusta Gunawan, usai sidang, Selasa (19/7/2022).

Menurutnya dua sidang untuk perkara yang sama dimaksudkan karena dari kasus itu didapati fakta baru bahwa oknum guru itu tidak melakukan aksi jahatnya sendirian. Hal yang mengejutkan ternyata dia melakukan aksi cabul bersama mantan muridnya.


"Terdakwa pertama atas nama ASP dan terdakwa kedua atas nama ISA. AS ini guru salah satu sekolah, ISA ini mantan muridnya," terangnya.

Sidang perdana kasus itu, kata Agusta, dengan majelis hakim dipimpin oleh Agung Kristianto, hakim anggota Hayadi dan Lucy Ariesti, serta Panitera Pengganti Sulastri. Sidang digelar secara tertutup untuk umum.

Menurutnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Gusti Rai Adriani membacakan dakwaan terhadap terhadap kedua terdakwa. Pasal berlapis didakwakan kepada oknum guru dan mantan muridnya yang didakwa melakukan tindakan cabul.

"Dakwaan pasal 81 ayat 1, 3, 5 juncto pasal 76 D UU No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan dakwaan alternatif Pasal 81 ayat 2, 3, dan 5 juncto pasal 76 D UU No 23 tahun 2002," ujarnya.

"Hari ini sidang pembacaan dakwaan, dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembuktian dengan mengundang para saksi," katanya.

Diberitakan sebelumnya, seorang guru di sebuah sekolah negeri di Purbalingga, inisial AS (32), dicokok polisi lantaran diduga melakukan perkosaan terhadap 7 muridnya. Ironisnya, perbuatan bejat itu dilakukan di kompleks sekolah dan direkam.

"Berdasarkan laporan masyarakat kami mengamankan saudara AS (32) oknum guru di salah satu sekolah di Karangmoncol, Purbalingga yang melakukan asusila terhadap 7 orang murid yang masih di bawah umur, tersangka diamankan pada Jumat (2/3)," kata Kapolres Purbalingga AKBP Era Jhony Kurniawan di kantornya, Rabu (9/3).

Menurutnya, perbuatan itu dilakukan terhadap para korban pada kurun 2013-2021. Para korban umumnya sempat bungkam lantaran takut dengan ancaman tersangka.

"Para korban saat kejadian rata-rata berumur 14 tahun, AS dalam melancarkan aksinya mengancam para murid dengan memaksa dan mengancam akan memberikan nilai jelek jika tidak menuruti kemauannya, hal itulah yang membuat korban bungkam," jelasnya.



Simak Video "Ruko di Purbalingga Kebakaran, Ibu dan Anak Tewas Terpanggang"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/rih)