Setahun Kabur dari Tahanan, Buron Polres Gunungkidul Tertangkap di Sumsel

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Selasa, 24 Mei 2022 11:05 WIB
Tahanan yang kabur dari Polsek Gedangsari, Gunungkidul.
Tahanan yang kabur dari Polsek Gedangsari, Gunungkidul. Foto: dok. Istimewa/akun Instagram polres.gunungkidul
Gunungkidul -

Tim Buser Polres Gunungkidul akhirnya berhasil meringkus Jamaludin alias Aji (26) buronan yang sudah dikejar selama lebih dari setahun. Aji kabur dari ruang tahanan Polsek Gedangsari, Gunungkidul, pada Maret tahun lalu.

"Iya benar (tahanan kabur sudah tertangkap), yang bersangkutan tertangkap hari Jumat (20/5/2022) di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan," kata Kapolsek Gedangsari, AKP Pudjijono kepada detikJateng, Senin (23/5/2022).

Pudjijono melanjutkan, penangkapan terhadap Aji bermula saat Tim Buser Polres Gunungkidul mendapatkan informasi terkait keberadaan DPO di Sukarami, Sekayu, Musi Banyuasin, Sumsel.


Berdasarkan informasi yang diterima polisi, Aji bekerja di sebuah perusahaan kelapa sawit. Namun setelah polisi tiba di lokasi, ternyata buron itu sudah keluar dari pekerjaannya. Tim buser lantas mencari informasi lebih lanjut mengenai tempat tinggalnya.

Kemudian, lanjut Pudjijono, pada hari Jumat polisi memperoleh informasi tentang keberadaan kontrakan Aji bersama istrinya. Setelah melakukan pengamatan, akhirnya Aji berhasil diringkus.

Selanjutnya, pria yang sudah setahun kabur dari tahanan itu kembali dibawa ke Gunungkidul untuk menjalani pemeriksaan.

Dalam kasus tersebut, Aji menjadi tersangka dalam kasus pencurian handphone. Dia saat itu ditahan di Polsek Gedangsari.

Awalnya, Aji meminta makanan dan minuman kepada penjaga tahanan. Dia berdalih memerlukan makanan untuk berbuka puasa. Saat mengambil makanan, petugas itu diduga lupa mengunci pintu tahanan.

Aji kemudian memanfaatkannya untuk kabur dan akhirnya berstatus buron selama setahun.



Simak Video "Aktor Pemicu Rusuh di Babarsari Serahkan Diri ke Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/mbr)