Arisan Online Fiktif Rp 1 Miliar, 2 Wanita Magelang Dibekuk Polisi

Eko Susanto - detikJateng
Jumat, 20 Mei 2022 16:00 WIB
Salah satu tersangka kasus penipuan modus arisan online yang diamankan Polres Magelang, Jumat (20/5/2022).
Salah satu tersangka kasus penipuan modus arisan online yang diamankan Polres Magelang, Jumat (20/5/2022). Foto: dok Humas Polres Magelang
Magelang -

Polres Magelang mengungkap kasus penipuan bermodus arisan online dan menetapkan dua orang perempuan sebagai tersangka. Kedua tersangka ini berhasil menghimpun uang mencapai Rp 1 miliar.

Kedua tersangka berinisial RI (29) warga Kecamatan Tengah dan FF (28) warga Kecamatan Magelang, Kota Magelang.

"Modus operandi yang dilakukan tersangka dengan menggunakan nama orang lain sebagai peserta fiktif. Mereka berperan sebagai peminjam atau orang yang dibiayai agar para peserta mengira bahwa dalam arisan tersebut memang benar adanya peminjaman dan menyerahkan uang modal kepada si tersangka," ujar Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, saat jumpa pers di kantornya, Jumat (20/5/2022).

"Karena peminjam ini fiktif dan sebenarnya tersangka itu sendiri maka uang tersebut diterima dan digunakan oleh pribadi tersangka," lanjutnya.

Arisan online fiktif yang dilakukan kedua tersangka berlangsung antara bulan Oktober 2020 sampai Juni 2021. Mereka berdua merupakan admin dari arisan online tersebut.

Dalam jumpa pers, hanya tersangka FF yang dihadirkan. Sementara untuk RI berkas perkara sudah dinyatakan lengkap atau P21. Tersangka FF merupakan hasil pengembangan penyidikan perkara RI.

"Kebetulan yang tersangka (satunya) sudah tahap P21. Ini pengembangan lagi yang satunya," ujarnya.

Tersangka disangkakan Pasal 378 dan 372 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun.

Dalam kesempatan tersebut, tersangka FF mengatakan uang yang terkumpul dari peserta arisan mencapai sekitar Rp 1 miliar. Kemudian uang tersebut dipinjamkan pada orang lain dan mendapatkan keuntungan dari bunga tersebut.

"Sekitar Rp 1 miliar. Iya (ngambil bunga dari dipinjamkan)," ujar FF.

Menurutnya, jumlah peserta arisan online yang ikut sebanyak 50 orang. Uang yang disetorkan masing-masing peserta jumlahnya bervariasi.

"Ada 50 orang. Minimal Rp 1,8 juta, paling tinggi sekitar Rp 50 juta lebih," pungkasnya.



Simak Video "Ibu Muda di Subang Tipu Ratusan Orang Via Arisan Online Fiktif, Raup Rp 2 M"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/rih)