Pembunuhan Sadis ABG Kebumen, Teman Pelaku Juga Jadi Tersangka!

Rinto Heksantoro - detikJateng
Jumat, 20 Mei 2022 15:36 WIB
Polisi menggelar jumpa pers kasus pembunuhan ABG di Kebumen, Jumat (20/5/2022).
Polisi menggelar jumpa pers kasus pembunuhan ABG di Kebumen, Jumat (20/5/2022). (Foto: Rinto Heksantoro/detikJateng)
Kebumen -

Polisi menetapkan dua orang tersangka dalam kasus pembunuhan ABG yang jasadnya ditemukan di Desa Kaliputih, Kecamatan Alian, Kebumen. Mereka terancam hukuman 15 tahun penjara.

"Pelaku ada dua orang, RK dan HS tapi pelaku utama RK. Atas hasil penyelidikan dan alat bukti yang cukup, kami tetapkan dua pelaku sebagai tersangka," kata Kapolres Kebumen, AKBP Burhanuddin saat menggelar pers rilis di Mapolres Kebumen, Jumat (20/5/2022).

Menurutnya, pelaku utama dalam kasus pembunuhan itu adalah RK (17) yang telah membunuh korbannya di sebuah ladang. Dia lantas merampas handphone serta sepeda motor milik korban.

Sedangkan tersangka kedua dalam kasus itu adalah HS (15) yang merupakan teman dari RK. Dia ikut menyaksikan saat pelaku membunuh korbannya. Dia juga membantu pelaku dalam menjual barang-barang milik korban.

"Kemudian HS (15) juga turut serta menyaksikan dan menjual kendaraan bermotor dan handphone daripada korban, kami tetapkan sebagai tersangka," kata Burhanuddin.

Sebelum membunuh, lanjutnya, pelaku sempat mengajak korban berhubungan badan di lokasi kejadian. Usai berhubungan, barulah pelaku membunuh korban dengan cara mencekik dan menjerat lehernya dengan tali.

RK juga sempat memukuli korban beberapa kali dan bahkan menginjaknya.

"Sedangkan kawannya satu tadi, HS (15) di lokasi hanya menyaksikan," jelasnya.

Kedua tersangka dibekuk petugas di rumahnya masing-masing pada Rabu (18/5). Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini para tersangka harus mendekam di sel tahanan Mapolres Kebumen dan bakal dijerat pasal 76c Jo pasal 80 ayat(3) UU RI No 35 tahun 2014 sebagai pengganti UU No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

"Ancaman maksimal 15 tahun (penjara) dan denda Rp 3 miliar," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang warga Kebumen menemukan mayat di sebuah ladang yang berada di Desa Kaliputih, Sabtu (14/5) sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu warga bernama Sariman itu tengah mencari rumput untuk pakan ternak.

Dia lantas memberitahukan hal itu ke warga yang lain. Kabar itu kemudian diteruskan ke polisi. Dari pemeriksaan polisi, ada luka memar di beberapa bagian tubuh korban dan bekas luka jerat di leher.

Setelah melalui serangkaian proses penyelidikan, tim Jatanras Polda Jateng menangkap pelaku. Tim itu dipimpin Kanit Jatanras Ditreskrimum Polda Jateng Kompol Onkoseno Sukahar. "Pelaku ditangkap di rumahnya di Wonosobo," kata Djuhandani, Kamis (19/5).



Simak Video "Kesal Motornya Ditabrak, Pedagang Buah di Cikarang Lakukan Pembunuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/sip)