Round-Up

Fakta-fakta Pembunuhan ABG di Kebumen

Tim detikJateng - detikJateng
Jumat, 20 Mei 2022 06:15 WIB
Sosok ABG yang ditemukan tewas di Kaliputih Kebumen
Sosok ABG yang ditemukan tewas di Kaliputih, Kebumen. Foto: dok. IG Jatanras Polda Jateng
Semarang -

Gadis berinisial F (14) tewas dibunuh teman prianya, RK (17) di sebuah ladang di wilayah Dusun Watu Gede, Desa Kaliputih, Kecamatan Alian, Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (13/5) pekan lalu. Jenazah ABG itu ditemukan tanpa identitas keesokan harinya, Sabtu (14/5).

Kemarin, Polda Jateng mengungkap kasus pembunuhan ini setelah menangkap pelakunya. Berikut 5 fakta yang dihimpun dari reportase jurnalis detikJateng.

1. Pertemuan Pertama

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah, Kombes Djuhandhani Raharjo Puro, mengatakan korban pertama bertemu dengan pelaku pada Kamis (12/5) pekan lalu.

"Janjian melalui WA (WhatsApp). Kemudian janjian bertemu di Alun-alun Kebumen, Kamis sekitar pukul 03.00 WIB," kata Djuhandhani di Mapolda Jateng, Kamis (19/5/2022).

Setelah bertemu, korban diajak ke Waduk Wadaslintang. Pelaku bersama satu temannya. Di waduk itu, mereka meminum minuman keras lalu pulang ke rumah masing-masing.

Lokasi penemuan mayat gadis ABG yang ternyata korban pembunuhan, di Desa Kaliputih, Kecamatan Alian, Kebumen, Kamis (19/5/2022).Lokasi penemuan mayat gadis ABG yang ternyata korban pembunuhan, di Desa Kaliputih, Kecamatan Alian, Kebumen, Kamis (19/5/2022). Foto: Rinto Heksantoro/detikJateng

2. Pertemuan Kedua dan Terakhir

Esoknya, Jumat (13/5), mereka bertiga bertemu lagi di Waduk Wadaslintang kemudian menuju ke Desa Ketekan. Di tengah perjalanan, pelaku dan korban mencari tempat untuk berduaan. Teman pelaku kemudian pergi. "Temannya pergi ke Desa Semawung," ujar Djuhandani.

Pelaku dan korban diketahui berpacaran. Saat berduaan itulah pelaku menjerat leher korban, memukuli dan menendang berkali-kali hingga korban tewas. Usai membunuh korban, pelaku membawa ponsel dan motor korban.

"Handphone korban dibawa pelaku kemudian dijual. Motor yang dipakai itu motor korban. Dibawa, dipreteli sama pelaku," ungkap Djuhandani.

3. Ditemukan Pencari Rumput

Mayat korban ditemukan di sebuah ladang di wilayah Desa Kaliputih, Sabtu (14/5) sekitar pukul 10.00 WIB. "Saat mencari rumput buat pakan kambing, saya lihat ada kaki posisi terlentang," kata Sariman (46) warga Desa Sendangdalem, Padureso, Kebumen.

Sariman kemudian lari dan mengabarkan ke warga di pasar desa yang tak jauh dari lokasi penemuan mayat korban. Kabar itu kemudian diteruskan ke polisi. Dari pemeriksaan polisi, ada luka memar di beberapa bagian tubuh korban dan bekas luka jerat di leher.

Polisi menangkap pelaku pembunuhan gadis ABG.Polisi menangkap pelaku pembunuhan gadis ABG. Foto: istimewa

4. Viral di Media Sosial

Untuk mencari identitas korban, polisi mengunggah ciri-ciri korban lewat akun Instagram @jatanrasjateng.id. Ciri-cirinya, tinggi badan 154 cm, berambut pendek, mengenakan celana jins panjang biru dan jaket hitam bertuliskan Bastercold.

"Setelah kita share di medsos, ada yang mengaku (korban) ada kemiripan dengan keluarganya," kata Djuhandhani kepada detikJateng, Minggu (15/5). Akhirnya diketahui identitas korban, yaitu warga Desa Sidoagung, Sruweng, Kebumen.

5. Pelaku Ditangkap

Setelah melalui serangkaian proses penyelidikan, tim Jatanras Polda Jateng menangkap pelaku. Tim itu dipimpin Kanit Jatanras Ditreskrimum Polda Jateng Kompol Onkoseno Sukahar. "Pelaku ditangkap di rumahnya di Wonosobo," kata Djuhandani, Kamis (19/5).

"Alasan pelaku (membunuh) karena korban sering berkata kasar, sengak begitu," imbuh Djuhandhani.



Simak Video "Tega! Siswi SMP Bunuh Bayi yang Diaborsi, Pacar Jadi Tersangka Pencabulan"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)