Tahanan Kabur Polres Boyolali Diringkus di Wonogiri, Tinggal 1 Buron

Jarmaji - detikJateng
Selasa, 12 Apr 2022 15:04 WIB
Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin.
Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin. (Foto: Jarmaji/detikJateng)
Boyolali -

Petugas kembali menangkap satu tahanan Polres Boyolali yang kabur sejak beberapa hari lalu. Dari 7 tahanan yang kabur, kini tinggal seorang lagi yang masih dalam pengejaran petugas.

"Betul. Alhamdulillah (satu tahanan berhasil ditangkap lagi)," kata Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin dikonfirmasi detikJateng Selasa (12/4/2022).

Tahanan tersebut berinisial AW, yang merupakan tersangka kasus narkotika. Dia dibekuk petugas Polres Boyolali dalam pelariannya di wilayah Wonogiri.


"Ditangkap di Wonogiri hari Senin, 11 April 2022 jam 24.00 WIB," jelasnya.

Dengan demikian, hingga saat ini dari 7 tahanan yang kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Polres Boyolali, sudah 6 yang berhasil ditangkap lagi. Satu tahanan lagi kini masih dikejar petugas.

"Satu lagi masih dikejar," tegas Asep.

Pihaknya kini meningkatkan pengamanan sebagai langkah antisipasi agar kejadian tahanan kabur tak terulang lagi. Teralis besi di plafon yang menjadi jalan para tahanan kabur, kini juga ditambah lagi dan dirapatkan.

"Kita sudah tingkatkan ya untuk upaya pengamanan markas Polres, termasuk juga penjagaan di ruang tahanan. Jumlah personil sudah kita tambah, untuk pengawasan pengendalian juga sudah kita tambah dengan adanya Pawas, Pamenwas," ujar Asep.

Asep menerangkan. bangunan fisik rutan juga diperbaiki dan dilengkapi. Terali besi di plafon lebih dirapatkan lagi jarak antar besinya dan ditambah kawat.

CCTV di ruang tahanan juga ditambah di titik-titik rawan. Tak hanya itu, direncanakan pula diatas pagar belakang Mapolres akan dipasang kawat berduri.

"Ini lagi proses," imbuh dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 7 tahanan kabur dari ruang tahanan Mapolres Boyolali. Rumah tahanan Polres Boyolali berada di dalam gedung Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim).

Kaburnya 7 tahanan tersebut diketahui pada Rabu (6/4) dini hari sekitar pukul 03.30 WIB. Diketahui kali pertama oleh petugas jaga, yang hendak memberikan makan sahur untuk tahanan. Namun ternyata ada 7 tahanan yang sudah tidak ada di ruangannya.

Mereka melarikan diri diduga dengan cara menggergaji jeruji besi yang ada di plafon, bagian atas ruang terbuka di dalam Rutan Polres Boyolali. Kemudian mereka naik ke atas dan lompat tembok belakang mapolres.



Simak Video "Peringati Hari Pahlawan, Petugas Samsat Boyolali Berkostum Pejuang"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)