Jumat Wage 30 September: Suka Berkorban untuk Saudaranya

Penanggalan Jawa

Jumat Wage 30 September: Suka Berkorban untuk Saudaranya

Tim detikJateng - detikJateng
Jumat, 30 Sep 2022 06:15 WIB
Ada Apa dengan 10 November? Simak Serba-serbi Peringatannya
Ilustrasi. (Foto: BBC Magazine)
Solo -

Hari ini, Jumat (30/9/2022) bertemu dengan pasaran Wage. Dalam penanggalan Jawa, hari ini juga bertepatan dengan 4 Mulud 1956, berada di Tahun Ehe, Windu Sancaya dan Wuku Wayang.

Weton (hari kelahiran) Jum'at Wage atau Jemuwah Wage memiliki neptu 10. Pada umumnya, pemilik weton ini wataknya agak keras kadang-kadang suka kukuh dengan pendiriannya sendiri yang belum tentu benar. Meskipun demikian umumnya jujur, perasaannya halus, berpikiran bersih, murah hati dan suka menolong sesamanya dan suka berkorban untuk sanak saudaranya.

Pangarasan pada weton ini adalah Aras Pepet. Wataknya sering prihatin, hidup menderita dan serba kekurangan, yang diinginkan sulit tercapai. Sedangkan Pancasuda, Sumur Sinaba. bermakna dadi pangungsening kapinteran atau pandai dan berwawasan luas sehingga ia sering dicari orang karena petuah dan nasihatnya, serta banyak pengetahuannya.


Wuku Wayang, lambang dewanya Bathari Sri, sandang pangannya melimpah, dermawan, hormat kepada sesama, sangat berhati-hati, enak bicaranya serta disenangi banyak orang. Air di jembangan ada di depan dan duduk di air, hatinya sejuk dan sangat sabar. Serba kecukupan sandang pangannya, tetapi cenderung diperlihatkan. Pohonnya cempaka, tidak ada yang benci.

Semua pada cinta dan sayang padanya. Burungnya ayam hutan, menjadi piaraan orang besar, bicaranya serba menyenangkan dan enak didengar, siapa saja yang melihatnya tertarik, dipercaya dan dikasihi atasannya, serta nampak berwibawa dan sigap. Membelakangi senjata, sifatnya mudah di depan sulit di belakang. Bagaikan pelita yang menyala menerangi langit dan bumi, wataknya selamat dan banyak ilmu.

Lambangnya sinar yang berjalan, wataknya menjadikan iri orang lain. Pantangannya selama tujuh hari saat wukunya berlangsung tidak boleh memanjat atau beraktivitas yang menuju arah atas atau naik.

Pada hari Jum'at Wage di wuku ini adalah hari yang sangat buruk, jika bepergian akan sakit di perjalanan.



Simak Video "Ganjar Bicara Inflasi di Solo: Banyak Event, Sampai Nanti Nikahan Kaesang"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)