Mengulas Rajah yang Bikin Para Pejabat Takut Datangi Menara Kudus

Mengulas Rajah yang Bikin Para Pejabat Takut Datangi Menara Kudus

Dian Utoro Aji - detikJateng
Kamis, 29 Sep 2022 19:09 WIB
Pintu masuk ke Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus, Kamis (29/9/2022).
Pintu masuk ke Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus, Kamis (29/9/2022). (Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng)
Kudus -

Cerita takutnya pejabat datang ke Masjid Menara Kudus masih dipercaya hingga saat ini. Ternyata hal itu berkaitan dengan rajah yang ada di pintu masuk kawasan Masjid Menara Kudus.

Rajah Kalacakra atau Kolocokro itu konon bisa melengserkan pejabat level tinggi yang melintasinya. Meski dipercaya ada di pintu masuk Masjid Menara Kudus, tapi hingga kini masih belum diketahui letak pastinya.

Rajah ini dijelaskan oleh dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus Moh Rosyid dalam jurnalnya berjudul "Pemanfaatan Cagar Budaya Kauman Menara Kudus Sebagai Media Pembelajaran Sejarah". detikJateng telah meminta izin untuk mengutip penjelasan cerita tutur Rajah Kalacakra atau ditulis Kolocokro.


Seperti dilihat detikJateng, di dalamnya dijelaskan ada cerita rakyat terkait dengan Rajah Kolocokro yang berada di pintu masuk Kompleks Masjid dan Menara Kudus. Warga menyakini jika pejabat level tinggi melewati pintu maka jabatannya akan lengser. Rajah Kolocokro ini dipasang oleh Sunan Kudus.

Humas Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus (YM3K), Denny Nur Hakim mengatakan cerita tentang Rajah Kolocokro masih ditakuti para pejabat hingga sekarang. Denny mengatakan banyak pejabat level tinggi yang tidak pernah ke Masjid, Menara, Makam Sunan Kudus.

"Masih ditakuti pejabat sampai saat ini. Ini dibuktikan jarangnya pejabat yang ke sini," kata Denny kepada detikJateng ditemui di kantornya, Kamis (29/9/2022).

Denny mengatakan Sunan Kudus memasang Rajah Kolocokro dari cerita turun temurun karena tidak suka dengan orang yang memamerkan kekuasaan ataupun jabatan. Sehingga Sunan Kudus memasang rajah tersebut.

"Sunan Kudus ini tidak suka dengan orang yang memamerkan kekuasaan. Kekuasaan itu mungkin harta, tahta, itulah yang tidak disukai oleh Sunan Kudus," ujarnya.



Simak Video "Mengagumi Indahnya Masjid Al-Aqsha Menara Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/ams)