Pameran Memorabilia Laweyan Memajang Bukti Kejayaan Industri Batik Masa Lalu

wara wara

Pameran Memorabilia Laweyan Memajang Bukti Kejayaan Industri Batik Masa Lalu

Tim detikJateng - detikJateng
Senin, 26 Sep 2022 15:14 WIB
Pameran memorabilia Kampoeng Batik Laweyan.
Pameran memorabilia Kampoeng Batik Laweyan. Foto: Dok FPKBL Laweyan
Solo -

Kampoeng Batik Laweyan, Kota Solo, menggelar serangkaian kegiatan selama akhir September hingga awal Oktober ini. Selain memperingati Hari Batik Nasional, mereka juga memperingati 18 tahun pencanangan Laweyan sebagai kawasan cagar budaya skala nasional.

Laweyan yang merupakan sentra industri batik sejak ratusan tahun lalu itu ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya pada 25 September 2004 silam. Pencanangan dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional pada masa itu, Abdul Malik Fadjar.

Beberapa foto dan dokumen terkait penetapan tersebut dipamerkan selama sepekan, sejak 25 September hingga 2 Oktober ini. Pameran memorabilia itu digelar di Pendopo Esensi yang berada di Jalan Sidoluhur, Laweyan.


Selain itu, pameran juga akan memajang berbagai benda yang terkait dengan kejayaan para saudagar batik di Laweyan pada masa lampau. Selain peralatan produksi, berbagai koleksi pribadi barang kuno seperti piringan hitam, alat transportasi hingga etiket perusahaan batik kuno juga akan ikut dipajang.

Tentu saja, lanskap Kampoeng Batik Laweyan dengan bangunan heritage di dalamnya menjadi sebuah situs yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain pameran, terdapat beberapa acara lain yang digelar untuk memperingati 18 tahun pencanangan kawasan cagar budaya Kampoeng Batik Laweyan yang telah digelar pada 25 September kemarin.

Kegiatan tersebut berupa membatik bersama dengan motif aksara Jawa. Selain itu, ada pula penyerahan penghargaan kepada seniman Andi Zate yang telah menciptakan lagu Kapuk dadi Lawe.

Adapun para pengusaha batik di Laweyan pada saat ini juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan Solo Great Sale yang akan berlangsung selama 25 September 30 September ini. Gerai-gerai batik di kampung ini akan memberikan diskon khusus kepada pelanggan di acara wisata belanja tersebut.

Pengirim:
Gunawan M Nizar
Sekretaris Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan (FPKBL)

[Pembaca detikJateng dapat berbagi informasi yang sekiranya perlu untuk diketahui khalayak luas melalui platform wara-wara ini.
Informasi bisa dikirim melalui email: infojateng@detik.com]



Simak Video "Ribuan Wanita Ikut Pawai Kebaya Bersama Iriana Joko Widodo"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/sip)