'Laboratorium' Teh Itu Ada di Solo

'Laboratorium' Teh Itu Ada di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Minggu, 25 Sep 2022 16:12 WIB
Sakit Tenggorokan? Coba Atasi dengan Minum 5 Teh Enak Ini
Ilustrasi teh. Foto: Getty Images/iStockphoto/Everyday better to do everything
Solo -

Meracik teh merupakan kebiasaan yang unik dari wong Solo. Layaknya laboratorium, setiap rumah, setiap warung memiliki cara tersendiri mengoplos beberapa jenis teh untuk menemukan cita rasa yang khas.

Sejarawan Universitas Sanata Dharma Jogja, Heri Priyatmoko, mengatakan kebiasaan mengoplos teh sudah ada sejak dahulu. Karena zaman dahulu teh lebih banyak dinikmati kalangan bangsawan, maka kaum tersebutlah yang banyak bereksperimen dengan teh.

"Petugas pawon istana sejak dulu menjajal aneka jenis, untuk menemukan rasa yang pas, yang sesuai di lidah dan mengobati kebosanan pada satu rasa saja. Pawon adalah ruang kreatif, laksana laboratorium, untuk uji coba kuliner, termasuk minuman," kata penulis buku Keplek Ilat: Sejarah Wisata Kuliner Solo tersebut.


Memang tak serumit ilmu kimia, sebab cita rasa tetap masalah selera. Akan tetapi, terutama bagi pengusaha kuliner, hasil oplosan teh yang mantap bisa menjadi ikon di tempat usahanya.

Sebut saja Wedangan Gareng, Wedangan Basuki, Wedangan Kemin, Wedangan Mbah Loso, Soto Gading, adalah beberapa tempat kuliner yang menyajikan teh yang khas. Mereka pun berani mematok harga lebih tinggi dari warung lain, meskipun masih terjangkau.

Tak hanya di warung. Setiap keluarga pun memiliki kebiasaan masing-masing mengoplos teh. Masyarakat biasa mengoplos dua hingga enam merek teh yang berbeda.

Kebiasaan ini sudah turun-temurun dan tanpa disadari sudah menjadi tradisi. Dari mengoplos daun teh kering ini, mereka ingin mendapatkan rasa teh yang kenthel dan wangi.

Wong Solo sering menyebutnya dengan wasgitel (wangi, sepet, legi, kenthel) atau ginastel (legi, panas, kenthel). Soal tingkat kemanisan itu masalah selera.

Secara umum, teh di masa kini disajikan dengan gula pasir namun dibiarkan mengendap di dasar gelas. Jika ingin mendapatkan rasa manis, silakan diaduk sendiri sampai terasa manis.

Ada juga orang yang langsung memesan teh yang tidak terlalu manis atau yang disebut teh manda. Beberapa warung menyediakan teh dengan gula batu.

Tips Mengoplos Teh

Memilih merek teh memang kembali lagi ke masalah selera. Tapi sekarang sudah cukup banyak pedagang yang menjual paket teh yang terdiri dari beberapa merek.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...



Simak Video "Tips Sehat Konsumsi Gula, Garam dan Lemak per Hari"
[Gambas:Video 20detik]