ISI Jogja Gelar Pameran Komik Internasional, Ada Karya Seniman Indigo

ISI Jogja Gelar Pameran Komik Internasional, Ada Karya Seniman Indigo

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Senin, 19 Sep 2022 18:19 WIB
Pameran komik di ISI Yogyakarta, Senin (19/9/2022).
Pameran komik di ISI Jogja, Senin (19/9/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng
Bantul -

Program studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja menggelar festival komik berskala internasional di Galeri R.J. Katamsi. Festival yang berlangsung 19-26 September ini menampilkan ratusan karya komik.

Salah satu yang cukup istimewa di pameran itu adalah sebuah komik yang menceritakan mengenai 'dunia lain'.

Kepala Prodi DKV ISI Jogja Daru Tunggul Aji menjelaskan ada ratusan karya yang dipamerkan dalam The 2022 International Comic and Sequiental Arts Festival bertema Kalabendu; Aftermath ini. Ada pula komik berupa audio visual.


"Ada ratusan karya komik, jadi banyak ragam, ukuran, cerita dan juga ada yang berupa audio visual di lantai 2," kata Daru saat ditemui di Galeri R.J. Katamsi, ISI Jogja, Bantul, DIY, Senin (19/9/2022).

Terkait tema, Daru mengatakan bahwa Kalabendu merupakan kosakata Bahasa Sansekerta yang diterjemahkan secara umum yakni kala sebagai representasi waktu dan bendu sebagai terjemahan belenggu, kesusahan, ikatan, keterbatasan. Sedangkan aftermath merupakan diambil dari Bahasa Inggris yakni setelah kejadian.

"Tema Kalabendu; aftermath diangkat untuk menggambarkan ketangguhan dalam perjalanan panjang peradaban manusia yang paling esensial, yaitu memastikan eksistensi manusia beserta dengan nilai-nilai kemanusiaan yang dimilikinya," ujarnya.

Menurutnya, peserta festival ini berasal dari dalam hingga luar negeri. Sedangkan karya yang dipamerkan mencapai ratusan komik.

"Pesertanya beragam, dari Indonesia dan luar negeri seperti Malaysia dan Australia. Jadi komikus dari dalam dan luar negeri hampir 500 karya dipamerkan," ucapnya.

Komik karya seniman indigo di halaman berikutnya