Catat Lur! Jadwal Gebyar Sekaten Solo, Ada Denny Caknan hingga Abah Lala

Agil Trisetiawan Putra - detikJateng
Sabtu, 10 Sep 2022 16:27 WIB
sekaten
Sekaten Solo, Foto: Instagram
Solo -

Sejumlah artis akan memeriahkan acara Gebyar Sekaten Solo, di Alun-alun Kidul Kota Solo pada 16 September-16 Oktober 2022 mendatang.

Menurut Penasihat Diana Ria Enterprise, Muntohar, sejumlah artis dangdut dari Jawa Timur akan diundang untuk memeriahkan acara tersebut. Seperti Denny Caknan, Happy Asmara, Orkes Dangdut Sera, Sonata, Sagita Asellole, Arista.

Tak hanya itu, penyanyi dangdut yang tengah naik daun, seperti Farel Prayoga, Guyon Waton, dan Abah Lala juga dijadwalkan akan manggung di Alun-alun Selatan saat acara Sekatenan. Tak hanya itu, artis nasional Dara The Virgin, juga dijadwalkan tampil.


"Kami masih mencoba melobi artis lain, seperti Via Vallen, dan Nella Kharisma. Karena mereka juga membesarkan Diana Ria Enterprise," katanya saat dihubungi detikJateng, Sabtu (10/9/2022).

Dari agenda jadwal yang diberikan, Promotor telah menyiapkan hiburan music live selama 1 bulan full. Hanya ada 7 hari jadwal yang belum terisi.

Kendati demikian, hiburan music saat Sekaten nanti tidak gratis. Panitia akan mematok tiketing dengan harga bervariasi tergantung artis yang tampil.

"Tiket paling mahal nanti saat Konser Denny Caknan. Kita jual online VVIP Rp250 ribu, Rp VIP 150 Ribu, dan Reguler Rp50 ribu. On the spot, yang reguler jadi Rp75 ribu," ujarnya

Untuk kuota tiket sendiri, disiapkan VIP 500 tiket, dan untuk reguler sekira 3.000 tiket.

Selain hiburan musik, Gebyar Sekaten Solo juga akan dilengkapi wahana hiburan pasar malam. Sejumlah permainan anak seperti komedi putar, kura-kura, odong-odong juga disiapkan.

Namun untuk sejumlah permainan, harga tiketnya akan dinaikan, imbas kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Harga tiket wahana permainan akan dipukul rata menjadi Rp 15 ribu semua," ujarnya.

Selain Gebyar Sekaten, Keraton Solo juga akan menggelar dua ritual utama yakni tabuh gamelan pusaka dan Grebeg Maulud.

Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Solo, KP Dani Nur Adiningrat mengatakan, untuk jadwal kedua acara tersebut, masih terus dibahas. Namun dia membocorkan, akan dilakukan pada awal bulan Oktober 2022.

"Acara ritual yang akan diadakan tahun ini, mulai dari jamasan, miyos gangsa, natab gangsa, kundur gangsa, miyos hajad, sampai dalem pareden Maulud. Tanggal pastinya kapan acara dilakukan masih belum tau, tapi rencananya awal bulan depan," ujarnya.

Simak jadwalnya di halaman selanjutnya...



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]