Soedirman Fashion Street, Gagas Ikon Batik Khas Purbalingga

Soedirman Fashion Street, Gagas Ikon Batik Khas Purbalingga

Vandi Romadhon - detikJateng
Senin, 29 Agu 2022 01:09 WIB
Soedirman Fashion Street di Alun-alun Purbalingga, Minggu (28/8/2022) malam.
Soedirman Fashion Street di Alun-alun Purbalingga, Minggu (28/8/2022) malam. Foto: Vandi Romadhon/detikJateng
Purbalingga -

Soedirman Fashion Street digelar di Alun-alun Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (28/8/2022) malam. Berbeda dengan fashion show lainnya, Soedirman Fashion Street menampilkan khusus fashion batik khas Purbalingga dengan motif Jenderal Soedirman.

Dari pantauan detikJateng pukul 20.30 WIB, seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten Purbalingga tampil membuka acara. Menggunakan batik motif Soedirman, mereka lenggak-lenggok dengan busananya di jalan lingkar alun-alun yang disulap menjadi cat walk.

"Setelah dua tahun pandemi, inovasi percepatan pemulihan ekonomi harus dilakukan. Agenda ini untuk mengangkat batik khas Purbalingga di kancah nasional bahkan internasional," kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di sela acara di Alun-alun Purbalingga, Minggu (28/8).


Menurutnya pada agenda ini ditampilkan busana batik motif Soedirman karya desainer lokal Purbalingga. Tema Soedirman dipilih, kata dia, sekaligus mengenang sosok Jenderal Soedirman.

"Kami melibatkan desainer lokal Purbalingga yang tidak kalah juga dengan desainer kota lainnya. Temanya disesuaikan dengan momen HUT ke-77 RI bahwa kami punya pahlawan yang luar biasa bapak TNI Jenderal Soedirman," ujarnya.

Soedirman Fashion Street di Alun-alun Purbalingga, Minggu (28/8/2022) malam.Soedirman Fashion Street di Alun-alun Purbalingga, Minggu (28/8/2022) malam. Foto: Vandi Romadhon/detikJateng

Sementara itu Ketua Sentra Batik Purbalingga, Yoga Prabowo, mengapresiasi adanya Soedirman Fashion Street. Menurutnya, Soedirman Fashion Street membuat para pengrajin batik di Purbalingga mengeliat lagi setelah dua tahun vakum karena pendemi COVID-19.

"Para pembatik Purbalingga sangat mendukung tema motif Batik Soedirman dalam pagelaran ini. Kami mencoba mengeksplorasi potensi motif batik Soedirman ini agar menjadi ikon batik Purbalingga," kata Yoga.

Disebutnya, ada 20 sentra batik yang ikut meramaikan Soedirman Fashion Street. Seluruh desain, katanya, terinspirasi dari sosok Jenderal Soedirman.

"Ini tantangan bagi kami, ide-ide untuk membuat motif indah dengan Soedirman sebagai inspirasinya memang tidak mudah apalagi setelah dua tahun off tidak ada event," pungkasnya.



Simak Video "Fashion Show Unik Keliling Desa Pakai VW Klasik"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)