Penanggalan Jawa

Rabu Kliwon 17 Agustus: Hari Baik untuk Meminang, Lur...

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 17 Agu 2022 06:05 WIB
Happy new year 2022 concept.Close up Calendar 2022 schedule with cup of coffee and blank note for to do list on wooden desk.Starting the new year and planning for the future
Ilustrasi kalender. (Foto: Getty Images/iStockphoto/pcess609)
Solo -

Hari ini, Rabu (17/8/2022) bertemu dengan pasaran Kliwon. Dalam penanggalan Jawa, hari ini juga bertepatan dengan 19 Sura 1956, berada di Tahun Ehe, Windu Sancaya dan Wuku Maktal.

Weton (hari kelahiran) Rabu Kliwon memiliki neptu 15. Kecenderungannya berperangai sopan ramah, lemah lembut, tak suka kekerasan. pandai menguntai kata-kata sehingga sering menarik siapa saja yang mendengarnya. Akan tetapi sayangnya lekas marah jika mendengarkan perkataan yang kurang menyenangkan, perasaannya sangat peka dan mudah tersinggung.

Pangarasan pada weton ini adalah Lakuning Srengenge. Wataknya terang, berwibawa dan mencerahkan. Sedangkan Pancasuda, Lebu Katiyup Angin. Artinya, apa yang diinginkan sulit tercapai. Usaha yang dijalankan sering gagal ataupun sulit mencapai kemajuan. Karenanya perlu kesungguhan yang lebih untuk meraih keinginannya.


Wuku Maktal, lambang dewanya Bathara Sakri, bersifat pemberani, jodohnya cantik/tampan dan berpotensi banyak keturunan. Gedhongnya ada di depan di atasnya terdapat umbul-umbul. Wataknya mendapatkan kekayaan dan kehormatan bersamaan. Pohonnya nagasari, rupawan, enak bicaranya, dipercaya dan mendapat perhatian dari atasannya. Burung ayam hutan, menjadi kesukaan orang besar. Pandai merangkai kata, siapa saja yang melihat banyak yang suka, berwibawa.

Diibaratkan bagai gunung yang meletus, bicaranya agak menyia-nyiakan orang lain, tetapi jika sudah tua baik hati. Lambangnya bagai sinar yang berjalan/memancar, wataknya dikaruniai pengetahuan tentang seluk-beluk negara.

Apa yang dilakukan, menjadikan orang lain kagum. Celakanya jika bertengkar. Kala ada di Timur Laut, selama 7 hari pada wuku tersebut jangan menuju arah Timur Laut untuk keperluan yang sangat penting.

Pada hari Rabu Kliwon di wuku ini adalah hari baik untuk meminang, karena kelak pasangan itu akan saling mengasihi dan banyak keberuntungannya.

[Diasuh oleh Ki Totok Yasmiran, ahli penanggalan Jawa dari Museum Radya Pustaka Solo. Bagi pembaca yang ingin berkonsultasi mengenai weton, hari baik dan semacamnya bisa mengirim email melalui:infojateng@detik.com]



Simak Video "Asyiknya Menyusuri Gua Sumitro di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)