Ini Kampung Kelahiran Joko Tingkir di Boyolali, Makam Kakek-Ayah Masih Terawat

Jarmaji - detikJateng
Selasa, 16 Agu 2022 15:26 WIB
Kompleks makam Ki Ageng Pengging di Boyolali, Selasa (16/8/2022).
Kompleks makam Ki Ageng Pengging di Boyolali, Selasa (16/8/2022). (Foto: Jarmaji/detikJateng)
Boyolali -

Nama Joko Tingkir diparodikan dalam sebuah lagu dangdut koplo berjudul 'Joko Tingkir Ngomber Dawet'. Lagu yang saat ini lagi hits itu tengah menuai protes sejumlah pihak.

Joko Tingkir bukan hanya sekedar nama dalam legenda. Namun Joko Tingkir adalah nama muda yang kelak menjadi Raja Pajang bergelar Sultan Hadiwijoyo.

"Joko Tingkir adalah nama muda dari Sultan Hadiwijoyo. Beliau nama kecilnya adalah Mas Karebet," kata pegiat sejarah asal Boyolali, R Surojo, kepada detikJateng Selasa (16/8/2022).


Dijelaskan Surojo, Joko Tingkir merupakan putra dari Kebo Kenongo atau Ki Ageng Pengging. Dia adalah cucu dari Sri Makurung Handayaningrat atau Ki Ageng Pengging Sepuh yang merupakan menantu Brawijaya V.

Sri Makurung Handayaningrat memperistri Ratu Pembayun, putri dari Brawijaya V. Sehingga Joko Tingkir adalah buyutnya Brawijaya V.

Joko Tingkir lahir di Pengging. Jejak leluhur Joko Tingkir saat ini juga masih ada di daerah Pengging yang saat ini masuk wilayah Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali. Yaitu makam ayahnya Ki Kebo Kenongo atau Ki Ageng Pengging dan makam kakeknya, Sri Makurung Handayaningrat atau Ki Ageng Pengging Sepuh.

Makam Kebo Kenongo berada di kompleks pemakaman warga di Dukuh Pengging Gedong, Desa Jembungan, Kecamatan Banyudono. Makam Ki Ageng Pengging ini pun tampak terawat dengan baik hingga saat ini. Komplek makam ini tampak bersih.

Pantauan detikJateng, komplek makam Ki Ageng Pengging berada di tengah komplek makam. Lokasi makam ada di dalam cungkup dan ditengah pemakaman. Di sekelilingnya dipagari setinggi sekitar 1 meter.

Di depan makam ada papan tembok dan tertempel silsilah Kyai Ageng Kebo Kenongo. Mulai dari Brawijaya V hingga Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijoyo. Di silsilah tersebut disebutkan dari Prabu Brawijaya V kemudian turun anak Retna Pembayun yang bersuamikan Sri Makurung Handayaningrat.

Pernikahan Retna Pembayun dengan Sri Makurung Handayaningrat memiliki anak yaitu Kyai Ageng Kebo Kanigoro, Kyai Ageng Kebo Kenongo dan Raden Kebo Amiluhur. Kebo Kenongo memiliki anak bernama Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijoyo.

Sedangkan makam Sri Makurung Handayaningrat atau Ki Ageng Pengging Sepuh berada di tengah Dukuh Malangan, Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali. Di komplek makam ini terdapat 4 makam. Komplek makam Sri Makurung Handayaningrat ini juga tampak terawat dengan baik dan bersih. Batu nisanya ditutup kain lurup dan payung tunggul.

Di komplek makam ini juga terdapat papan silsilah Sri Makurung Handaningrat mulai dari Brawijaya V hingga Joko Tingkir. Baik makam Ki Ageng Pengging Sepuh maupun Kebo Kenongo, hingga saat ini sering digunakan warga untuk laku tirakat.

Kompleks makam Ki Ageng Pengging di Boyolali, Selasa (16/8/2022).Kompleks makam Ki Ageng Pengging di Boyolali, Selasa (16/8/2022). Foto: Jarmaji/detikJateng


Simak Video "Penampakan Uang Palsu Rp 500 Juta Dimusnahkan Kejari Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)