wara-wara

Gratis! 7 Mei Ada Opera Wayang Kolosal di Halaman Balai Kota Solo

Tim detikJateng - detikJateng
Sabtu, 30 Apr 2022 15:59 WIB
Poster Opera Kolosal Bakdan Neng Sala 2022
Poster Opera Kolosal Bakdan Neng Sala 2022. Foto: Tangkapan Layar
Solo -

Di halaman Balai Kota Solo akan diselenggarakan Opera Wayang Kolosal Bakdan Ning Sala 2022 pada Sabtu pekan depan, (7/5/2022). Seni pertunjukan opera yang mengangkat lakon berjudul Mbrastha Memala ini digelar secara terbuka dan gratis untuk umum.

Bagi yang tidak sempat ke lokasi, jangan khawatir. Acara ini juga bisa disaksikan di channel youtube Disbudpar Surakarta, Pariwisata Solo, dan Gibran Tv.

Meski dipentaskan di ruang terbuka dan gratis, opera yang menggunakan dialog dalam Bahasa Indonesia ini tidak sembarangan. Lihat saja tokoh-tokoh di balik pementasan ini. Semuanya bisa dibilang senior di bidang seni pertunjukan di Solo Raya.

Opera yang mengangkat kisah dari naskah karya Budi Bodot Riyanto ini, salah satu tokoh teater di Solo Raya, disutradarai oleh Agung Kusumo W. Mereka didukung Dorothea Quin dan Wijanarko selaku penata tari dan Dedek Wahyudi serta Gregorian Kris sebagai penata musik. Opera ini menukil cerita Perang Baratayuda, perang suci yang menggambarkan perang antara kebaikan dan keburukan.

"Di dalam konsep garapan ini, Aji Candrabirawa diidentifikasikan sebagai virus dahsyat (corona) yang hanya bisa ditaklukkan oleh negara yang mempunyai Jamus Kalimasada. Sedangkan Jamus Kalimasada kami tafsirkan sebagai obat untuk mengalahkan virus atau wabah tersebut, yang hanya dimiliki oleh Puntadewa," kata sutradara Agung Kusumo dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikJateng.

"Opera wayang kolosal ini menggunakan Bahasa Indonesia agar mudah dimengerti oleh anak muda zaman sekarang. Dalam penggarapan musiknya, kami mengkolaborasikan musik diatonis dan pentatonis sehingga suasana jadi lebih meriah tanpa meninggalkan akar tradisi yang ada," imbuh Agung.

Penasaran, bagaimana jadinya kalau kisah yang diolah dari cerita pewayangan digarap dalam konsep opera dan menggunakan dialog Bahasa Indonesia? Jangan lupa, catat jam mainnya, Sabtu malam pekan depan, 7 Mei 2022, tepat pukul 19.30 WIB di halaman Balaikota Surakarta.



Simak Video "Gemerlap Lampion Hiasi Balai Kota Solo Selama Ramadan "
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)