Melihat Tradisi Blandrangan di Menara Kudus, Tandai Awal 1 Ramadan

Dian Utoro Aji - detikJateng
Sabtu, 02 Apr 2022 20:55 WIB
Tradisi Blandrangan di Menara Kudus sambut 1 Ramadan 1443 H, Sabtu (2/4/2022).
Tradisi Blandrangan di Menara Kudus sambut 1 Ramadan 1443 H, Sabtu (2/4/2022). (Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng)
Kudus -

Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus menggelar tradisi tabuh beduk Blandrangan. Tradisi ini menandai awal 1 Ramadan 1443 H. Seperti apa kemeriahan tradisi tersebut?

Pantauan di lokasi, Sabtu (2/4) pukul 15.30 WIB tradisi tabuh beduk Blandrangan dimulai dengan tahlil di makam Sunan Kudus. Setelah itu para penabuh berjalan dari makam menuju menara Sunan Kudus.

Tampak acara dilakukan secara khidmat. Warga Desa Kauman Kecamatan Kota Kudus terlihat antusias mengikuti tradisi setiap menyambut awal bulan Ramadan itu.


Dari atas menara suara beduk terdengar. Warga sekitar pun terlihat berbondong-bondong menyaksikan tradisi Blandrangan. Tak hanya itu, pihak yayasan juga menyediakan makanan khas desa setempat untuk dimakan oleh warga yang datang.

Salah satu warga, Ayu Indah (32), mengaku baru dua kali melihat tradisi Blandrangan. Menurutnya tradisi ini cukup berbeda dan menjadi khas Kota Kudus.

"Sebelumnya sudah dua kali ini, mau ziarah sekalian melihat tradisi ini. Biasanya Kamis ke sini, belum sempat, sore ini. Tradisi Kudus memang seperti ini," jelas Ayu kepada wartawan ditemui di lokasi, Sabtu (2/4/2022).

Tradisi Blandrangan di Menara Kudus sambut 1 Ramadan 1443 H, Sabtu (2/4/2022).Tradisi Blandrangan di Menara Kudus sambut 1 Ramadan 1443 H, Sabtu (2/4/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng

Ketua Yayasan Makam, Menara, dan Masjid Sunan Kudus M Nadjib Hassan mengatakan tradisi ini diberi nama Blandrangan. Blandrangan menurutnya sudah ada lama sejak dirinya kecil.

"Ini namanya Blandrangan, sebenarnya Blandrangan ada sudah sejak lama, mulai saya sejak kecil itu sudah ada," kata Nadjib kepada wartawan ditemui di lokasi sore tadi.

Menurutnya tradisi Blandrangan menandai kepastian jika besok merupakan 1 Ramadan. Tradisi Blandrangan secara meriah pun baru digelar dua tahun belakangan ini. Warga setempat pun diajak untuk mengikuti tradisi tersebut.

"Blandrangan ini nabuh beduk apabila besok sudah pasti 1 Ramadan, nah cuman sekalian lama hanya nabuh saya. Mulai beberapa tahun yang lalu itu kita lakukan," jelas dia.

"Tahun lalu kita mencoba masyarakat Kauman ya, yuk bareng-bareng ziarah bareng terus kemudian makan-makan dengan kuliner ini, nampaknya kok indah. Jadi gampangnya ini pestanya orang Kauman bareng ziarah, bareng makan indah sekali," ujar Nadjib.



Simak Video "Melihat Layanan Ojek Kambing di Kudus, Banjir Orderan Jelang Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/aku)