Groundbreaking Pabrik Pipa di KIT Batang, Jokowi: Nanti Tak Ada Impor Lagi

Groundbreaking Pabrik Pipa di KIT Batang, Jokowi: Nanti Tak Ada Impor Lagi

Robby Bernardi - detikJateng
Senin, 03 Okt 2022 18:42 WIB
Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Pipa Terbesar Asia Tenggara
Foto: Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Pipa Terbesar Asia Tenggara di KIT Batang, Jawa Tengah (Herdi Alif Al Hikam/detikcom)
Batang -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pembangunan pabrik pipa di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. Jokowi berharap dengan adanya pabrik pipa ini, Indonesia yang sebelumnya mengimpor pipa, akan menghentikan impor pipa.

"Kalau dulu sebelumnya kita impor (pipa), setelah pabrik Wavin ini jadi, impornya sudah tidak ada lagi," kata Jokowi dalam sambutannya di acara groundbreaking, Senin (3/10/2022) sore.

"Hari ini kita akan groundbreaking pabrik pipa Wavin yang juga nantinya untuk kebutuhan dalam negeri juga akan di ekspor ke negara-negara Asia Pasifik, Australia, dan sebagian kembali lagi ke Eropa," tambahnya.


Jokowi juga menyinggung adanya Kawasan Industri Terpadu di Batang maka akan tercipta lapangan kerja.

"Dan di Provinsi Jawa Tengah ini, khususnya Kabupaten Batang, tercipta lapangan kerja tidak kecil. Di sini sudah ada 10 perusahaan dalam proses konstruksi, baik itu pabrik baterai mobil listrik, kaca terbesar di Asia Tenggara, pabrik alat-alat kesehatan dan seterusnya," papar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga akan terus mengejar para investor untuk melakukan investasi ke KIT Batang.

"Inilah saya kira hal yang terus akan kita kejar, investasi apa pun, karena itu, sekali lagi akan menciptakan lapangan kerja yang besar, pajaknya juga akan menambah penerimaan negara dan juga cadangan devisa kita dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara kita," jelasnya.



Simak Video "Wejangan Jokowi ke KPU di Pemilu 2024: Hal Teknis Bisa Jadi Politis"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)