Jokowi: Pabrik Kaca Terbesar di Asia Tenggara Sedang Dibangun di KIT Batang

Jokowi: Pabrik Kaca Terbesar di Asia Tenggara Sedang Dibangun di KIT Batang

Tim detikJateng - detikJateng
Senin, 03 Okt 2022 17:16 WIB
Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Pipa Terbesar Asia Tenggara
Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Pipa Terbesar Asia Tenggara (Herdi Alif Al Hikam/detikcom)
Solo -

Sejumlah perusahaan besar saat ini sudah siap mendirikan pabrik di Kawasan Industri Terpadu yang berada di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Saat ini pabrik-pabrik tersebut sudah memasuki tahap pembangunan konstruksi.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat melaksanakan groundbreaking PT Wavin Manufacturing Indonesia di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Senin (3/10).

Dia menyebut Indonesia hingga kini masih mendapat kepercayaan dari investor untuk menanamkan modalnya dengan membangun pabrik di kawasan tersebut.


"Meskipun dunia pada krisis finansial, tetapi Indonesia masih dipercaya untuk investasi perusahaan-perusahaan besar dunia," kata Jokowi dikutip dari akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, Senin (3/10/2022).

Kawasan Industri Terpadu yang berada di Kabupaten Batang menjadi salah satu lokasi yang dilirik oleh para investor. "Tadi disampaikan Pak Menteri, bahwa di sini sudah ada 10 perusahaan yang dalam proses konstruksi," kata Jokowi.

Beberapa di antaranya adalah pabrik baterai mobil listrik, pabrik alat kesehatan serta pabrik pipa. Selain itu, ada investor yang akan membangun pabrik yang sangat besar yang diharapkan bisa menyedot tenaga kerja dalam jumlah banyak.

"Pabrik kaca yang terbesar di Asia Tenggara," kata Jokowi.

Selain meningkatkan serapan tenaga kerja, diharapkan investasi di Batang tersebut bisa menguntungkan Indonesia dari sisi penerimaan pajak. Selain itu, investasi akan memperbesar cadangan devisa serta menjadi trigger pertumbuhan ekonomi.



Simak Video "Jokowi Yakin Golkar Hati-hati Deklarasikan Capres"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)