Minta Gaji PNS Naik 7% Per Tahun, Anggota DPR: Agar Tak Kena Inflasi

Minta Gaji PNS Naik 7% Per Tahun, Anggota DPR: Agar Tak Kena Inflasi

Tim detikFinance - detikJateng
Selasa, 23 Agu 2022 18:30 WIB
Uang Gaji
Ilustrasi. Foto: iStock
Solo -

Anggota DPR RI dari Fraksi PPP, Muhammad Aras meminta pemerintah menaikkan gaji pokok Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk PNS dan juga pensiunan PNS sebesar 6-7% per tahun. Tujuannya, agar gaji pokok tersebut tidak tergerus inflasi.

Hal itu disampaikan Muhammad Aras dalam rapat paripurna DPR RI ke-2 masa persidangan I tahun sidang 2022-2023, Selasa (23/8/2022)."(Diharapkan pemerintah) dengan konsisten menaikkan gaji pokok sebesar 6-7% setiap tahunnya," kata Muhammad Aras, dikutip dari detikFinance.

"Hal ini penting agar gaji pokok ASN dan pensiunan tidak tergerus inflasi," imbuh Muhammad Aras saat berbicara di depan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.


Selain itu, Muhammad Aras menambahkan, Fraksi PPP DPR RI juga berharap agar pemerintah terus memperhatikan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN) dan pensiunan ASN.

Tak hanya Muhammad Aras, anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat, Irwan, juga menyinggung soal kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS). Menurut Irwan, gaji untuk PNS belum mengalami kenaikan selama tiga tahun terakhir.

"Kenaikan gaji PNS terakhir terjadi pada 2019, di mana kenaikan gaji PNS hanya di kisaran 5%," ujar Irwan, dikutip dari detikFinance.

Setelah tidak mengalami kenaikan selama tiga tahun berturut-turut, Irwan mengatakan, kenaikan gaji PNS tahun depan juga masih menjadi tanda tanya. Menurut dia, kenaikan gaji PNS itu perlu untuk menjaga daya beli dan meningkatkan kesejahteraan para abdi negara.

"Terkait rencana ataupun keputusan mengenai kenaikan gaji PNS, TNI, Polri, dan perangkat negara lainnya di tahun 2023 masih menjadi tanda tanya. Padahal kenaikan gaji yang dimaksud perlu untuk menjaga daya beli dan meningkatkan kesejahteraan para abdi negara," jelasnya.

Irwan juga mengingatkan pemerintah agar jangan sampai melupakan kesejahteraan PNS yang bertugas di wilayah 3T (terluar, terdepan dan tertinggal) Indonesia. "Oleh karena itulah perlu dikaji untuk kemudian segera dilaksanakan," tutupnya.



Simak Video " Kata Anies Gaji PNS DKI Fresh Graduate Rp 12-18 Juta, Faktanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ahr)