Mau Tukar Uang Baru 2022 di Solo Raya? Ini Jadwal dan Ketentuannya

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Kamis, 18 Agu 2022 17:01 WIB
Uang Baru 2022 (Dok BI)
Foto: Uang Baru 2022 (Dok BI)
Solo -

Bank Indonesia (BI) meluncurkan tujuh uang kertas rupiah baru emisi tahun 2022. Warga di Solo Raya berkesempatan menukarkan uang baru tersebut sampai sepekan kedepan.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Solo, Nugroho Joko Prastowo, mengatakan penukaran uang baru ini dilakukan berkeliling di tujuh kota/kabupaten Solo Raya. Jadwal pertama dimulai besok di Balai Kota Solo.

"Besok (Jumat, 19 Agustus 2022) kita buka mobil kas keliling di Balai Kota Solo, terakhir nanti tanggal 26 Agustus di Pemkab Boyolali. Silakan masyarakat yang ingin menukar uang akan kita layani," kata Joko saat dijumpai di kantornya, Kamis (18/8/2022).


Dia menyebut masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa menukarkan uangnya dengan pecahan uang kertas baru emisi 2022 itu. Hanya saja, penukaran ini harus menyesuaikan jadwal dan terdapat beberapa ketentuan.

Jadwal Penukaran Uang Baru 2022

  • 19 Agustus: Balai Kota Solo
  • 22 Agustus: Kantor Pemkab Sukoharjo
  • 23 Agustus: Kantor Pemkab Klaten dan Kantor Pemkab Karanganyar
  • 24 Agustus: Kantor Pemkab Wonogiri
  • 25 Agustus: Kantor Pemkab Sragen
  • 26 Agustus: Kantor Pemkab Boyolali

Setelah tanggal 26 Agustus, peredaran uang baru akan dilakukan melalui sistem perbankan. Uang beredar dalam kondisi tidak layak edar akan diganti dengan uang baru.

"Setelah tanggal 26 itu peredaran uang diatur lewat sistem perbankan. Jadi perbankan itu selalu melakukan sortasi terhadap uang yang diterima. Jika ada uang tidak layak edar, maka kita ganti dengan yang baru," ujarnya.

"Penukaran uang ini memang sifatnya hanya sosialisasi. Besok Jumat dalam Pawai Pembangunan kita juga pamerkan uang baru ini dengan ukuran besar agar masyarakat tidak mengira uang palsu," katanya.

Ketentuan Penukaran Uang Baru 2022

Joko menyebut setiap titik hanya dibatasi untuk 50 orang. Masing-masing orang hanya bisa menukar uang sebanyak lima paket.

"Setiap titik dibatasi 50 orang. Setiap orang bisa menukar lima paket. Satu paket nilainya Rp 200 ribu, yaitu satu lembar Rp 100 ribu, 1 lembar Rp 50 ribu, 1 lembar Rp 20 ribu, 1 lembar Rp 10 ribu, dua lembar Rp 5 ribu, empat lembar Rp 2 ribu dan dua lembar Rp 1 ribu," katanya.

Cara Penukaran Uang Baru 2022

  1. Menyiapkan KTP
  2. Kunjungi laman pintar.bi.go.id.
  3. Pilih menu 'Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling'
  4. Pilih provinsi lokasi penukaran uang rupiah yang sesuai.
  5. Pilih lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia.
  6. Mengisi data pemesanan, seperti NIK KTP, nama, nomor telepon, serta email yang aktif.
  7. Isi jumlah lembar/keping uang rupiah yang akan ditukarkan (sesuai peraturan jumlah dan jenis pecahan yang telah ditentukan BI).
  8. Lakukan pemesanan selanjutnya, untuk memperoleh bukti pemesanan layanan penukaran uang rupiah melalui kas keliling.

Bukti pemesanan penukaran adalah dokumen yang dihasilkan oleh Aplikasi PINTAR, sebagai bukti bahwa kamu telah melakukan pemesanan layanan kas Bank Indonesia melalui PINTAR.



Simak Video "Dear Warga Bandung, Berikut 2 Lokasi Penukaran Uang Baru Emisi 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/apl)