wara wara

Ada 4 Ribu Loker di Job Fair Bantul, Catat Tanggal dan Syaratnya!

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Selasa, 16 Agu 2022 19:57 WIB
Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Sudin Nakertransgi) Jakpus gelar pameran bursa kerja di Mal Thamrin City. Ribuan pencari kerja menyerbu bursa kerja ini.
Ilustrasi job fair. Foto: Rifkianto Nugroho
Bantul -

Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bantul menyebut hingga 2021 ada ribuan pengangguran. Untuk mengurangi angka pengangguran, Disnakertrans menggelar Job Fair pada tanggal 22-24 Agustus.

"Seperti kita ketahui bahwa angka pengangguran di Kabupaten Bantul, khususnya DIY mengalami peningkatan. Nah, kondisi peningkatan angka pengangguran di Bantul itu data terakhir (2021) sekitar 24 ribu (orang)," kata Kepala Disnakertrans Bantul Istirul Widilastuti, Selasa (16/8/2022).

Istirul melanjutkan, data 2021 itu didominasi lulusan SMA dan SMK. "Karena setiap tahun berapa ribu itu yang lulus. Karena itu kita berikan bekal keterampilan agar bisa langsung bekerja," ujarnya.


Maka itu pihaknya berfokus bagaimana semua lulusan itu bisa lebih terserap ke dunia kerja. Seperti halnya tahun ini pihaknya meningkatkan jumlah lowongan job fair hingga dua kali lipat, yakni sebanyak 4.000 lowongan kerja dari 44 perusahaan.

"Jumlah tersebut naik signifikan dibandingkan dengan tahun lalu yang jumlahnya hanya disediakan 2.000 lowongan kerja," katanya.

Istirul mengatakan Job Fair akan diadakan mulai tanggal 22-24 Agustus 2022. Karena masih dalam situasi pandemi COVID-19, cara melamar pekerjaan dilakukan secara online melalui website dan aplikasi yang disediakan Disnakertrans Bantul.

Calon pelamar bisa mengakses laman https://www.jobfairbantul.com/. Selanjutnya, melakukan registrasi online, melengkapi data pribadi dan apply lowongan. Kategori lowongan ada untuk umum dan disabilitas.

Layanan bantuan di nomor WhatsApp 085156724802 dan di nomor telepon 0274-367277. Selain itu, Disnakertrans Bantul menyediakan link download manual book untuk cara registrasi calon pelamar.

Beberapa perusahaan yang berpartisipasi antara lain PT Infomedia Nusantara (Telkom Group), PT Yogya Presisi Tehnikatama Industri, PT Produk Rekreasi (Kids Fun), PT Smartfren Telecom, Kawan Lama Group (Ace Hardware, Informa), Larissa, PT Duta Wibawa Manda Putra, PT Sumber Baru Trada Motor (Dealer Suzuki Mobil).

Selain itu ada pula Alfamidi, PT Anugerah Mulia Sentosa, PT Nusantara Building Industries, PT PNM Yogyakarta - Mekaar, PT Danka Hureco, De Wave Therapy and Reflexology, PT Ameya Liveingstyle Indonesia.

Kemudian juga PT Agro Boga Utama, PT Telmark Integrasi Indonesia, PT Prima Karya Sarana Sejahtera, PT Sinar Sosro, PT Lion Super Indo, Q-HomeMART, PT Esye Naturel Kosmetindo, PT Pilar Prima Nusantara (J&T express), Manna Kampus dan PT Jembatan Citra Nusantara (Citra Net).



Simak Video "Diterjang Gelombang Pasang, Puluhan Lapak di Pantai Depok Bantul Rusak"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/dil)